KEIN Rekomendasi Empat Sektor Jadi Fokus Pemerintah, Apa Saja?

Ketua KEIN Sutrisno Bachir menjelaskan empat sektor di atas memiliki potensi mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat.

KEIN Rekomendasi Empat Sektor Jadi Fokus Pemerintah, Apa Saja?
dok. KEIN
Ketua KEIN Sutrisno Bachir ditemui setelah acara KEIN Meets The CEO, di Jakarta, Rabu (17/1/2018). 

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) merekomendasikan empat sektor prioritas kepada pemerintah. Sektor yang dipilih adalah agrobisnis, maritim, pariwisata, dan industri kreatif.

Ketua KEIN Sutrisno Bachir menjelaskan empat sektor di atas memiliki potensi mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat. Selain itu sektor-sektor tersebut kata Sutrisno bisa menyerap tenaga kerja dan memberikan kesejahteraan masyarakat.

"Kita ada prioritas dalam membangun industri yang diharapkan bisa menyerap tenaga kerja," ujar Sutrisno di acara KEIN Meets The CEO, di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Sutrisno menyebut industri agrobisnis adalah sektor utama yang harus cepat dikembangkan. Karena potensi sumber daya alam di dalam negeri besar namun kalah saing dengan negara lain.

"Kita punya keunggulan, manusianya ada kemudian sumber daya alamnya kita cukup tapi karena kita tidak ada prioritas," ujar Sutrisno.

Mantan Ketua Umum PAN menyebut sektor pariwisata kini sudah menjadi prioritas pemerintah. Namun hal itu harus dikembangkan lebih besar, mengingat jumlah kunjungan turis asing masih kalah dengan negara tetangga.

"Kita ketinggalan dengan Singapura dan Thailand. Kita padahal punya roadmap, punya pemain industri pariwisata yang terbesar di Asia ini," kata Sutrisno. 

Sutrisno juga menyoroti sektor industri kreatif. Melihat perkembangan digital, Sutrisno berharap generasi milenial bisa terus mengembangkan teknologi yang mampu membantu pertumbuhan ekonomi.

"Industri kreatif, bonus demografi dari usia muda. Hal itu akan bisa merespon perkembangan IT yang semakin cepat," papar Sutrisno. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved