Breaking News:

Bamsoet Gagas Pertemuan Informal Rutin DPR

Pertemuan internal yang disebut 'lunch meeting' itu, kata Bamsoet, kelak akan digelar secara rutin tiap satu kali dalam sebulan.

Fitri Wulandari
Rapat Pimpinan (Rapim) perdana yang dipimpin Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, yang dihadiri sejumlah pimpinan DPR lainnya, di ruang rapat pimpinan DPR, Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan dirinya dan para pimpinan DPR lainnya telah sepakat untuk mengadakan pertemuan informal dengan seluruh Ketua Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Hal tersebut ia sampaikan saat menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) DPR di ruang rapat pimpinan DPR, di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2018).

Pertemuan internal yang disebut 'lunch meeting' itu, kata Bamsoet, kelak akan digelar secara rutin tiap satu kali dalam sebulan.

Nantinya pertemuan itu akan dihadiri oleh para Ketua Komisi serta Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

"Untuk pertemuan informal dengan semua Ketua Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan, pimpinan dewan juga akan agendakan rutin sebulan sekali," ujar Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu pun menjelaskan alasan mengapa para pimpinan DPR menyetujui diadakannya pertemuan internal bertajuk lunch meeting tersebut.

Menurutnya, selama ini pertemuan informal yang digelar parlemen dinilai lebih efektif dalam menuntaskan permasalahan yang tengah dihadapi oleh masing-masing komisi maupun AKD.

"Pengalaman selama ini, pertemuan-pertemuan informal ini lebih efektif untuk mengatasi permasalahan yang ada," tegas Bamsoet.

Selain menyepakati dimulainya tradisi 'lunch meeting', rapim itu juga membahas tentang Rancangan Undang-undang (RUU) MD3.

Serta kerjasama yang akan dilakukan DPR dengan bagian pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), tentunya untuk membantu anggota DPR yang kesulitan dalam melakukan pelaporan LHKPN.

Dalam rapim tersebut, turut hadir Wakil Ketua DPR bidang Koordinator Politik dan keamanan Fadli Zon, Wakil Ketua bidang Koordinator Ekonomi dan Keuangan Taufik Kurniawan.

Kemudian Wakil Ketua bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat Fahri Hamzah, Wakil Ketua Koordinator Industri dan Pembangunan Agus Hermanto, serta sejumlah pejabat kesekjenan DPR.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved