Breaking News:

Anggota MPR RI Asri Anas: Sosialisasi Empat Pilar Bisa Efektif Melalui Dongeng

Konten dongeng yang mendidik, sekaligus menghibur, menjadikan generasi muda kita makin terbentuk sikap dan karakter yang baik.

ist
Anggota MPR Asri Anas dari Slawesi Barat saat membuka sosialisasi Empat Pilar di hadapan guru Paud dan komunitas dongeng, di Depok Sabtu (3/2/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Berbicara soal Empat Pilar, UUD 1945 telah mengamanahkan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak.

Dalam pelaksanaannya, pendidikan yang layak itu bukan hanya melalui jalur pendidikan formal saja melainkan bisa juga lewat pendidikan nonformal, termasuk dengan mendongeng.

Konten dongeng yang mendidik, sekaligus menghibur, menjadikan generasi muda kita makin terbentuk sikap dan karakter yang baik.

Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Asri Anas, mengatakan hal itu ketika membuka acara “Kelas Guru Mendongeng: Dalam rangkat Meningkatkan Kualitas Guru Bersama Kak Awam: Memperkokoh Pancasila –UUD 1945 –NKRI-Bhineka Tunggal Ika” di “De Mahogany Cafe”, Cimanggis, Depok, Sabtu (3/2/2018).

Acara ini diikuti sekitar 200 guru Paud dan TK se Jabodetabek.

Asri Anas yang juga Ketua Panitia Anggaran MPR ini menyinggung kondisi riil masyarakat sekarang.

Menurutnya, generasi muda lebih percaya pada internet untuk mencari sesuatu dan hal tidak mudah untuk dihindari.

“Namun, kita bisa bisa menata dan memperbaiki gejala itu, salah satunya dengan mendongeng. Karena di dalam dongeng, anak-anak dan remaja bisa diceritakan berbagai hal yang mendidik, bukan mendikte.” Kata Asri.

Dalam konteks tugas MPR untuk lebih mensosialisasikan Empat Pilar, maka anak-anak dan remaja, bisa didongengkan hal-hal yang positif tentang perkembangan bangsa ini, hal ini bisa dilakukan dengan serius dan santai, salah satunya dengan metode dongeng.

”Mungkin Kemendiknas bisa diusulkan metode mendongeng dalam mengajar, misalanya dalam pengajaran sejarah perjuangan bangsa,” kata Asri.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved