Breaking News:

Korupsi KTP Elektronik

Elza Syarief Sebut Miryam Akui Keterangan Sebelum Cabut BAP ''Benar''

Diketahui, sebelumnya Elza sempat bergabung dengan Partai Hanura bersama-sama dengan Miryam.

TRIBUNNEWS/THERESIA FELISIANI
Pengacara Elza Syarief 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis hakim pengadilan Tipikor Jakarta sempat menanyakan soal anggota komisi II DPR RI, Miryam S Haryani yang mencabut Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pada Elza Syarief yang menjadi saksi di sidang korupsi e-KTP, Senin (26/2/2018).

"‎Berarti keterangan sebelum dicabut, itu benar keterangan Miryam? ," tanya hakim pada Elza.

Elza menjawab keterangan itu adalah benar keterangan Miryam, hanya saja Miryam menyesalkan mengapa Berita Acara Pemeriksaan (BAP) itu sudah beredar sebelum sidang sehingga Miryam mendapat tekanan.

"Dia (Miryam) bilang dengan beredarnya BAP itu, dia tidak nyaman, terisolir. Saya tanya ini kan keterangan kamu, kamu dapat tekanan dari KPK? Lalu dia jawab dia merasa grogi waktu diperiksa KPK.‎ Saya bilang biasa kalau orang diperiksa grori. Miryam diam saja, saya dengar di berita soal bau duren, waktu itu dia gak jelaskan," ujar Elza.

Lebih lanjut, soal penerimaan uang dalam BAP Miryam, menurut Elza dia juga menanyakan kebenarannya pada Miryam, saat disinggung, Miryam hanya diam.

Baca: Sidang Berlangsung Singkat, Korban First Travel Kebingungan

"Saya tanya, Miryam ini jawaban kamu bukan? Di BAP kami sebut banyak nama. Dia (Miryam) diam saja. Saya liat semua keterangan dia saling mengingat satu dengan lain. Saya peringati, ini kait mengkait, mana yang mau kami perbaiki. Saya tegaskan revisi bisa tapi merubah supstansi tidak bisa. Terlebih di KPK itu ada rekaman suara, video," katanya.

Setelah diperingati oleh Elza Syarief, tidak ada lagi komunikasi dan pertemuan antara kedua sahabat tersebut.

Diketahui, sebelumnya Elza sempat bergabung dengan Partai Hanura bersama-sama dengan Miryam.

Sampai akhirnya Elza mengetahui dari berita bahwa Miryam mencabut seluruh BAP. Lanjut Miryam ditetapkan menjadi tersangka memberikan keterangan palsu di sidang korupsi e-KTP oleh KPK.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved