Breaking News:

Korupsi KTP Elektronik

Hakim Tanya ke Elza Syarief, Apa Novanto yang Minta Miryam Cabut BAP

Dalam BAP itu, Setya Novanto disebut meminta Miryam mencabut BAP miliknya di KPK.

TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pengacara Elza Syarief bersama Farhat Abbas tiba di gedung KPK, Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (11/8/2017). Elza Syarief diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari terkait kasus perintangan penyidikan dan persidangan korupsi KTP elektronik. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hakim Pengadilan Tipikor membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Elza Syarief terkait kasus korupsi e-KTP.

Dalam BAP itu, Setya Novanto disebut meminta Miryam S Haryani mencabut BAP miliknya di KPK.

Masih menurut BAP, di‎sebut ada pertemuan antara Miryam dan Setya Novanto serta beberapa anggota DPR lain seperti Chairuman Harahap, Akbar Faizal, Djamal Aziz dan Markus Nari.

Pertemuan tersebut terjadi sebelum sidang perdana perkara korupsi e-KTP dengan terdakwa eks pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto.

Dikonfirmasi soal itu, Elza membenarkan hal itu ada dalam BAP Miryam. Keterangan Elza pun didasari pada cerita Miryam kepadanya.

Baca: Polisi Periksa Ahok di Mako Brimob

"Itu di BAP Miryam ada, tapi soal nama Pak Setya Novanto dan lainnya kurang jelas," ujar Elza di Pengadilan Tipikor Jakarta.

"Yang saya ingat persis, Miryam didatangi Pak Akbar Faizal dan Djamal Aziz. Itu berdasarkan keterangan Miryam. Dalam BAP Miryam yang saya baca, didatangi Akbar Faizal komplain dalam BAP itu, kok saya berikan uang ke kamu (Miryam)‎, itu uang Markus Nari, kok nama Akbar Faizal dibawa-bawa," kata Elza lagi.

Merespon cerita Miryam kala itu, Elza menyarankan Miryam tidak perlu khawatir dan memotivasi agar Miryam tidak mencabut BAP.

"Tapi yakin Setya Novanto (turut serta dalam intimidasi pada Miryam) Karena Setya Novanto bisa menyiapkan BAP dari KPK? ," tanya hakim.

"Masalah Pak Setya Novanto saya kurang pasti. Karena saya ulang lagi Miryam gak fix. Ternyata kan yang nyuruh Markus Nari dan Anton Taufik, bukan Pak Setya Novanto," jawab Elza.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved