Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Siapkan Formulasi Atasi Kelebihan Kapasitas di LP

Dirinya mengemukakan bahwa saat ini LP di Jakarta telah mengalami over kapasitas warga binaan.

Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Siapkan Formulasi Atasi Kelebihan Kapasitas di LP
Fahdi Fahlevi/Tribunnews.com
Bambang Sumardiono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta terus melakukan pembenahan kepada permasalahan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (LP).

Menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Bambang Sumardiono, permasalahan yang terjadi saat ini adalah kelebihan kapasitas penghuni LP di Jakarta.

Dirinya mengemukakan bahwa saat ini LP di Jakarta telah mengalami over kapasitas warga binaan.

"Kondisi Lapas di Jakarta sudah overcrowded (kelebihan kapasitas). Dihuni oleh warga binaan 16 ribu padahal hanya menampung 6 ribu. Kamar yang seharusnya diisi 10 orang, harus diisi oleh 30 orang. Itu fakta," ungkap Bambang kepasa Tribunnews.com di Kantornya, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (26/2/2018).

Menghadapi masalah tersebut, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta membuat sejumlah terobosan. Solusi yang pertama adalah dengan membangun sistem LP Terbuka.

Sistem ini yakni dengan menggunakan sistem terbuka. Para warga binaan menjalani hukuman tidak dikurung tapi sambil menjalani pengembangan profesi.

"Kami membangun LP terbuka, jadi tidak tembok hanya kawat untuk dia setelah keluar bisa bekerja. Apa jadi nelayan, atau pedagang. Jadi lapas produktif," ujar Bambang.

Bambang berharap setelah keluar dari LP, para warga binaan bisa mengembangkan profesinya. Sekaligus menghasilkan pendapatan hasil kerjanya di dalam LP.

Selain itu Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga mengusulkan diberlakukannya sistem hukuman pidana alternatif.

"Ada juga pidana alternatif, sehingga bisa mengurangi overcrowded," kata Bambang.

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved