Kepala BNN

Mengenal Sosok Irjen Heru Winarko, Kepala BNN yang Baru Pengganti Budi Waseso

Heru Winarko merupakan perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK.

Mengenal Sosok Irjen Heru Winarko, Kepala BNN yang Baru Pengganti Budi Waseso
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Komjen Pol Budi Waseso tengah berbincang dengan Kepala BNN yang baru, Irjen Pol Heru Winarko 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Irjen Pol Heru Winarko resmi dilantik Presiden Joko Widodo menggantikan Komjen Pol Budi Waseso yang menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Penunjukan Heru sudah disetujui Presiden Joko Widodo.

Heru Winarko merupakan perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK.

Sebagai Deputi Penindakan KPK sejak 15 Oktober 2015 lalu, ia bertugas menjalankan fungsi perumusan kebijakan untuk sub-bidang penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan di lembaga antirasuah itu.

Ia juga melakukan fungsi koordinasi dan supervisi untuk penanganan perkara tindak pidana korupsi oleh penegak hukum lain.

Baca: Sosok Kepala BNN Baru Heru Winarko di Mata Ketua KPK

Tugas lainnya adalah pelaksanaan penuntutan, pengajuan upaya hukum, pelaksanaan penetapan hakim dan putusan pengadilan.

Sebelum mengemban jabatan Deputi Penindakan KPK, pria kelahiran Jakarta 1 Desember 1962 itu merupakan Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam. Di tahun 2012, Heru juga pernah menjabat sebagai Kapolda Lampung.

Heru dikenal sebagai sosok yang banyak menoreh prestasi di bidang penindakan kejahatan ekonomi, bahkan sejak dia bertugas di Direktorat Ekonomi Khusus Mabes Polri pada 2009. Wawasannya terkait politik makro nasional juga dinilai mumpuni.

Saat menjabat Kapolda Lampung, dia berhasil menggulung kejahatan terorganisir lintas pulau. Lulusan Akpol tahun 1985 ini telah dianugerahi sejumlah tanda jasa, antara lain Satya Lencana Dwidja Sistha, Satya Lencana Ksatria Tamtama dan Bintang Bhayangkara Nararya. (Tribun Network/wily)

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved