Ke Juwana, Menteri Susi Tinjau Tim Gerai Pelayanan Terpadu Verifikasi Kapal Cantrang

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti mengunjungi Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Kamis (1/3/2018).

Ke Juwana, Menteri Susi  Tinjau Tim Gerai Pelayanan Terpadu Verifikasi Kapal Cantrang
TRIBUNNEWS.COM/Yanuar Nurcholis Majid
Menteri Susi Pujiastuti 

TRIBUNNEWS.COM, PATI - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti  mengunjungi Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, Kamis (1/3/2018).

Selain untuk mengajak para nelayan cantrang di wilayah itu untuk beralih ke alat tangkap yang lebih ramah lingkungan juga berusaha menyakinkan bahwa kebijakannya  hanyalah untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan semata.

Saat menemui para nelayan di lokasi, Susi mengingatkan, penggunaan cantrang meskipun tak diberi batasan waktu, harus diganti ke alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Saya mengingatkan bahwa semua peraturan dibuat oleh pemerintah, bukan dalam rangka menekan. Tapi justru kami arahkan agar lebih berhasil, lebih bagus penghasilannya. Kalau tidak ada bukti tentu Bapak tidak usah percaya,” tutur Susi di hadapan nelayan Juwana.

Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo lakukan validasi jumlah kapal cantrang yang dimiliki oleh nelayan, dengan mendirikan gerai pendaftaran.

Hal tersebut juga bertujuan untuk melakukan validasi data yang dimiliki oleh Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP) dengan data yang dimiliki oleh paguyuban nelayan di Kecamatan Juwana

Kasi Tata Kelola Pelayanan Usaha R. Driyanto Widiatmoko mengungkapkan, pada pembukaan gerai pelayanan terpadu hasil pendataan atau verifikasi kapal cantrang ini bertujuan untuk melakukan sinkronisasi data.

Sebab untuk jumlah kapal cantrang menurut data KKP adalah 171.

Sedangkan dari data rekapan paguyuban nelayan adalah 176. Karena ada selisih, untuk 5 kapal yang ada nantinya akan diverifikasi lagi.

“Verifikasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah kapal tersebut ada atau berada dimana. Agar, ada persamaan persepsi terkait jumlah kapal cantrang."

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved