Breaking News:

Jakarta Editors Lab 2018, Ajang Kompetisi di Bidang Multimedia

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali mengadakan Jakarta Editors Lab yang berlangsung dari 9-11 Maret 2018.

TRIBUNNEWS.COM – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali mengadakan Jakarta Editors Lab yang berlangsung dari 9-11 Maret 2018.

Mengangkat tema “Journalism and Elections: Towards Innovative Ways to Present Live Data”, Jakarta Editors Lab ingin menjawab tantangan bagi pers di Indonesia untuk mempraktekkan jurnalisme yang profesional dan independen.

Acara tahunan ini bekerja sama dengan Global Editors Networks, yang terdiri dari workshop tentang jurnalisme multimedia dan pemilu pada 9 Maret 2018. Kemudian, pada 10-11 Maret 2018, acara berlanjut dengan kompetisi perancangan bentuk-bentuk baru teknologi di bidang multimedia.

UMN sendiri telah mengundang beberapa pembicara seperti Kuek Ser Kuang Keng (pendiri Data N sekaligus Data Journalist), Antoine Laurent (International Media Strategist), Sarah Toporoff (Programmer Manager of Global Editors Network), dan Irene Jay Liu (Google News Lab Lead Asia Pacific Region).

Memulai hari pertama, Kuek Ser Kuang Keng membuka acara lewat sebuah workshop yang berjudul “Data Journalism Strategy For Newsrooms With Limited Resources”.

umn

Melalui simulasi situsnya, pria asal Malaysia ini menjelaskan bagaimana sebuah media mampu berekspansi meski hanya memiliki tenaga kerja yang terbatas.

Presentasi selanjutnya dibawakan oleh Irene Jay Liu, yang membicarakan mengenai teknologi Google dalam mengurangi penyebaran berita hoaks.

Pada hari kedua dan ketiga merupakan kompetisi bagi 13 tim untuk membuat prototype perangkat lunak yang bertujuan dapat memberikan inovasi di dunia jurnalistik. Setiap tim nantinya terdiri dari dua orang, yakni jurnalis dan web developer.

Sebagian besar tim yang berlaga berasal dari praktisi media nasional, namun UMN turut mengirim tim mahasiswanya. Tim yang menjadi pemenang akan berkunjung ke Global Editors Summit di Lisbon, Portugal.

Tahun lalu, UMN berhasil menjadi juara 2 dalam kompetisi tersebut dan berhasil  mengalahkan sejumlah tim media profesional.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved