Ledakan Bom di Sarinah

Saksi Ungkap Bantu Pelaku Bom Thamrin Berangkat ke Suriah

"Siapa pun yang datang ke saya pasti sudah mendapat rekomendasi dari tokoh di sana yaitu Abu Rizki dan Abu Muhammad,"

Saksi Ungkap Bantu Pelaku Bom Thamrin Berangkat ke Suriah
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Saksi Achmad Supriyanto saat menjadi saksi bagi Aman Abdurrahman dalam kasus dugaan keterlibatan teror Bom Thamrin di Pengadilan Negeri Jaksel, Jumat (16/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan melanjutkan sidang teror bom Thamrin dengan terdakwa Aman Abdurrahman alias Oman pada Jumat (16/3/2018).

Sidang kali ini menghadirkan Achmad Supriyanto yang pernah ditangkap Densus 88 Antiteror Mabes Polri pada 23 Maret 2017 di Cilegon, Banten sebagai teduga teroris.

Dalam kesaksiannya Achmad mengaku pernah diminta tolong oleh Adi Jihadi untuk mengurus keberangkatannya ke Suriah sebagai bentuk hijrah.

Baca: Ketika Saksi Kasus Bom Thamrin Menganggap Ilmu Aman Abdurrahman Lebih Tinggi Dibanding Baasyir

Adi Jihadi merupakan adik dari Iwan Darmawan Muntho alias Rois yang tak lain adalah rekan Aman Abdurrahman di Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah.

Rois juga merupakan terpidana hukuman mati setelah terbukti menjadi aktor di balik peristiwa Bom Kuningan tahun 2004 silam.

Baca: Helikopter Angkatan Udara Amerika Serikat Jatuh di Perbatasan Irak Tak Lama Setelah Lepas Landas

"Saya bertemu terdakwa tahun 2015 di Lapas Nuskambangan diajak rekan saya bernam Ustaz Lukman. Setelah itu Lukman bertemu dengan Adi (Jihadi) yang kemudian meminta saya untuk membantu keberangkatan ke Suriah."

"Siapa pun yang datang ke saya pasti sudah mendapat rekomendasi dari tokoh di sana yaitu Abu Rizki dan Abu Muhammad, dikabari melalui aplikasi telegram. Kalau masalah dana mereka swadana," ungkap Achmad Supriyanto.

Halaman
12
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved