Responsif Gender Harus Dikedepankan Dalam Penanganan Bencana

Alarm berbunyi, lampu tanda keselamatan menyala, lampu penerang di seluruh pun ruangan mati seketika.

Responsif Gender Harus Dikedepankan Dalam Penanganan Bencana
Ilustrasi penanganan bancana 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Nurcholis Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Duaarrrr!!! Tiba-tiba terdengar suara dentuman disusul kepulan asap dari lantai lima Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018).

Alarm berbunyi, lampu tanda keselamatan menyala, lampu penerang di seluruh pun ruangan mati seketika.

Tak lama berselang terdengar suara seseorang mengumumkan jika gedung Kementerian PPPA terbakar dengan menggunakan alat pengeras suara.

Seluruh pegawai pun dihimbau untuk segera mengevakuasi diri.

Suasana lantai perkantoran yang biasanya hening karena seluruh pegawai sibuk bekerja, seketika berubah menjadi semrawut.

Orang-orang berlomba-lomba turun menggunakan tangga darurat untuk menyelamatkan diri.

Namun tenang, itu hanya gambaran simulasi kesiapsiagaan bencana yang dilakukan Kementerian PPPA dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diperingati pada 26 April hari ini.

“Himbauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengadakan simulasi evakuasi bencana secara serentak di seluruh Indonesia dilakukan Kementerian PPPA sebagai bentuk partisipasi dan tindakan preventif jika sewaktu-waktu terjadi bencana,"
ujar Kepala Biro Umum dan SDM Kementerian PPPA, Prijadi Santosa usai mengikuti simulasi evakuasi bencana di Gedung Kementerian PPPA, Jakarta, Kamis (26/4).

"Indonesia merupakan negara yang rawan bencana. Hal ini juga diharapkan dapat mengunggah kesadaran, meningkatkan kewaspadaan, dan kesiapsiagaan seluruh pegawai dan karyawan di lingkungan Kementerian PPPA,” sambung Prijadi.

Prijadi menambahkan kegiatan simulasi ini sangat baik dilakukan untuk mengetahui kesiapan seluruh aspek yang ada di Kementerian PPPA.

Mulai dari pegawai dan karyawan, sarana dan prasarana gedung, tim keamanan dan efektivitas waktu untuk mengevakuasi seluruh pegawai dan karyawan agar selamat sampai di titik kumpul.

Halaman
12
Penulis: Yanuar Nurcholis Majid
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved