BKKBN dan TNI Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Hingga Pelosok Desa

Kepala BKKBN Pusat Sigit Priohutomo mengungkapkan bagaimana perkembangan program KKBPK diseluruh penjuru Indonesia.

BKKBN dan TNI Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Hingga Pelosok Desa

Peringatan Hari Jadi Hulu Sungai Utara (HSU) Ke 66 sekaligus Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) Tingkat Nasional berlangsung meriah dan sukses.

Kegiatan ini dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Ketua Umum Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto, Plt Kepala BKKBN Pusat Sigit Priohutomo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Kapolda Kalsel Brigadir Jendral Polisi Drs Rachmat Mulyana, serta staff Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Kementerian Kesehatan.

Pada kesempatan ini, Kepala BKKBN Pusat Sigit Priohutomo mengungkapkan bagaimana perkembangan program KKBPK diseluruh penjuru Indonesia. Menurutnya, perkembangan Program KKBPK sangat dinamis dan sangat dipengaruhi oleh berbagai perubahan lingkungan strategis, terutama pada era desentralisasi saat ini, mekanisme operasional program KKBPK relatif belum berjalan secara optimal.

Ini disebabkan terbatasnya kuantitas dan kualitas tenaga lini lapangan, infrastruktur program KKBPK terutama di wilayah tertinggal, terpencil dan perbatasan, dan dana operasional lini lapangan merupakan dinamika program KKBPK yang membutuhkan penyelesaian sesegera mungkin.

Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini TNI telah membantu BKKBN dengan melibatkan Babinsa dan tenaga lini lapangan yaitu Petugas Penyuluh KB atau PLKB yang telah alih kelola sebagai tenaga pusat untuk menjadi tenaga penggerak dan motivator di lapangan.

Dengan adanya pemaduan dan integrasi kegiatan yang sinergis dengan TNI dan lintas sektor lain, baik lembaga eksekutif dan legislatif daerah, LSM, sektor swasta serta tokoh agama dan masyarakat, maka dapat memperkuat kembali program KKBPK di lapangan.

Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB-Kesehatan merupakan momentum penting yang diharapkan dapat berkontribusi nyata dan meningkatkan kesertaan masyarakat dalam program KKBPK.

Untuk itu BKKBN sangat menghargai jajaran TNI di daerah melalui peranan para Pangdam, Danrem dan Dandim beserta jajaran sampai lini lapangan yang telah pro aktif melakukan penyuluhan dan penggerakan kepada keluarga sasaran.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis yang dapat menjangkau sasaran sampai dengan daerah terpencil dan tertinggal, dengan mendekatkan pelayanan program KKBPK kepada masyarakat untuk menjaga kualitas pelayanan dan kelangsungan ber-KB," ujarnya.

BKKBN sering melaksanakan kegiatan bakti sosial karena memiliki arti dan peran penting. Untuk ditingkat desa memprioritaskan sinergitas pembangunan fisik dan non fisik di desa tersebut dan memperhatikan program prioritas pemerintah lainnya.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved