BNN Musnahkan 31,6 Kg Sabu, 5.576 Butir Ekstasi dan 67,94 Kg Katinon

Seperti dikutip dari keterangan pers BNN pada Rabu (30/5/2018), adapun kronologis dari keempat kasus tersebut adalah sebagai berikut

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan barang bukti narkotika jenis shabu seberat 31.615,62 gram, ekstasi sebanyak 5.576 butir, dan katinon seberat 67.940 gram yang merupakan barang bukti dari empat kasus tindak pidana narkotika yang diungkap BNN pada Maret sampai dengan April 2018.

Dari total barang bukti yang disita, yaitu 31.700,62 gram shabu, 5.961 butir ekstasi dan 68 Kg katinon, telah disisihkan sebanyak 85 gram shabu, 385 butir ekstasi dan 60 gram katinon untuk kepentingan laboratorium dan pembuktian perkara.

Tiga dari empat kasus narkotika yang diungkap, merupakan kasus narkotika dengan modus operandi berupa paket kiriman.

Seperti dikutip dari keterangan pers BNN pada Rabu (30/5/2018), adapun kronologis dari keempat kasus tersebut adalah sebagai berikut:

Kasus pertama diungkap BNN pada, Jumat (23/3), sekitar pukul 11.30 WIB, dengan barang bukti berupa 68 Kg katinon.

Berawal dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai PT. Pos Pasar Baru terhadap empat koli paket dari Eithopia yang dipecah menjadi dua koli dengan alamat tujuan ke Ancol, Jakarta Utara, dan Bundaran Dumai, Provinsi Riau, petugas selanjutnya melakukan penyerahan dibawah pengawasan terhadap kedua paket tersebut.

Hingga pada akhirnya petugas mengamankan seorang pria berinisial MAT yang kedapatan mengambil salah satu paket tersebut di Kantor Pos Indonesia Jakarta Utara yang berisi 34 Kg katinon.
Dari keterangan MAT, petugas selanjutnya kembali melakukan penyerahan dibawah tangan dan kemudian mengamankan JA di Kota Dumai, Riau, pada Senin (26/3).

Dari pengakuan JA selanjutnya petugas kembali mengamankan seorang pria berinisial PBD. Ia mengaku diperintah oleh ibunya yang berada di Malaysia untuk menerima paket-paket tersebut.
Keesokan harinya, pada Selasa (27/3), PBD mengambil sisa paket lainnya yang juga berisi 34 Kg katinon, di Kantor Pos Dumai.

Kasus kedua kembali menggunakan modus operandi berupa paket kiriman dari luar negeri yang berhasil diungkap BNN pada Senin (16/4), sekitar pukul 12.00 WIB, di Jl. Raya Parkiran Apartemen City Park Cengkareng, Jakarta Barat.

Dari kasus ini diamankan tiga orang tersangka, yaitu JL alias CC, AY, dan LU dengan barang bukti berupa 202,22 gram shabu dan 2.968 butir ekstasi yang dikemas di dalam paket berisi tabung.
Pengungkapan berawal dari kecurigaan petugas terhadap sebuah paket kiriman dengan alamat pengirim PANIDA KHAN 68/7 Damburssestraat 2060 Antweroem Becaium, yang ditujukan kepada ABU BAKAR dengan alamat Apartemen City Park, Cengkareng, Jakarta Barat.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved