Pilgub Jawa Barat

Survei Poltracking: Ridwan Kamil Berpotensi Menang di Pilgub Jabar

Elektabilitas pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (42.0%), unggul dari Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (35.8%)

Survei Poltracking: Ridwan Kamil Berpotensi Menang di Pilgub Jabar
Dennis Destryawan/Tribunnews.com
Hanta Yuda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Berdasarkan hasil sigi yang dirilis Poltracking Indonesia, elektabilitas pasangan calon Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum lebih tinggi, dibandingkan dengan paslon lainnya.

“Elektabilitas pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (42.0%), unggul dari Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (35.8%)," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6/2018).

Sementara itu, pasangan calon Sudrajat dan Ahmad Syaikhu (10.7%), Tb. Hasanuddin dan Anton Charliyan (5,5%), tidak tahu atau tidak jawab (6.0) %.

"Jika tidak ada dinamika politik yang keras Ridwan Kamil berpotensi unggul," ucap Hanta. 

Hanta mengatakan, survei tersebut dihimpun pada tanggal 18-22 Juni 2018 dengan menggunakan metode Stratified Multistage Random Sampling.

“Jumlah sampel dalam survei Jawa Barat ini 800 responden dengan margin of eror kurang lebih 3.5% pada tingkat kepercayaan 95%,” katanya.

Sementara itu, Hanta mengatakan, klaster survei Jawa Barat ini menjangkau seluruh 27 kabupaten atau kota se-Jawa Barat secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

“Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak sistematis. Metode samplig ini meningkatkan representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat,” tutur Hanta.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved