Enggak Lolos PTN? Pertimbangkan 10 Kampus Swasta Terbaik Ini Dilihat dari Rating

Masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun bukan aib, malah membanggakan juga asalkan kita punya tekad untuk belajar.

Enggak Lolos PTN? Pertimbangkan 10 Kampus Swasta Terbaik Ini Dilihat dari Rating
SURYA/SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
KULIAH UMUM - Kofifah Indarparawansa, Menteri sosial RI memberikan materi dalam kuliah umum di hadapan 6.812 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam Pesmaba UMM 2016 di Dome UMM, Senin (5/9/2016). Dalam kuliah tamu ini Mensos meminta Perguruan Tinggi bermitra dengan desa agar Perguruan tinggi bisa mengimplankan ilmunya. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tidak lolos seleksi PTN bukanlah akhir dari dunia. Masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun bukan aib, malah membanggakan juga asalkan kita punya tekad untuk belajar.

Jangan anggap PTS tidak ada yang bagus karena ada daftar PTS terbaik2018 yang berhasil dirangkum HAI.

Daftar PTS terbaik ini dirangkum dari tiga sumber: Kemenristekdikti, Webometrics, dan UniRank.

Penilaian Webometrics berdasarkan data seperti Presence, Impact, Openness, dan Excellence.

Presence merupakan jumlah halaman website (html) Universitas dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari Google.  

Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari Google.

Openness merupakan jumlah file dokumen, Microsoft Word, and Microsoft Powerpoint yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari Google Scholar.

Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.  

Sedangkan kalau Kemenristekdikti, mutu pendidikan dinilai dari empat komponen, yakni kualitas kelembagaan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti.

Halaman
1234
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Hai-online.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved