Asian Games 2018

Presiden: Asian Games Jadi Kesempatan Indonesia untuk Memukau Dunia

Salah satu buktinya, pada tanggal 8 Juni 2018, dunia memercayai dan memilih Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020

Presiden: Asian Games Jadi Kesempatan Indonesia untuk Memukau Dunia
Tribunnews/JEPRIMA
Presiden Indonesia Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR 2018 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis(16/8/2018). Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang multicabang olahraga Asian Games ke-18 tahun 2018 yang akan dihelat di Jakarta dan Palembang dua hari lagi merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk memukau dunia dengan keunggulan dan prestasi.

Hal tersebut disinggung Presiden saat berpidato di hadapan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Gedung Nusantara MPR RI, Jakarta, pada Kamis  (16/8/2018).

"Setelah penantian 56 tahun, tahun ini adalah kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games yang akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Asian Para Games. Di dua ajang tersebut, putra-putri Indonesia akan berjuang untuk mengibarkan sang Merah Putih, bertanding untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya, berlaga untuk keharuman bangsa Indonesia," katanya.

Baca: Jokowi Akan Naikkan Gaji PNS 5 Persen Tahun Depan, Ini Reaksi Prabowo

Pada saat pelaksanaannya nanti, Presiden mengatakan Indonesia akan menjamu kontingen dari 45 negara, melibatkan lebih 11.000 atlet dan 5.500 official, terbesar sepanjang sejarah Asian Games.

Sementara Asian Para Games akan menghadirkan lebih dari 5.000 anggota kontingen.

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Presiden juga mengajak seluruh rakyat Indonesia bekerja sama untuk menyukseskan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games baik sukses sebagai tuan rumah maupun sukses dalam segi prestasi.

"Sebagai bangsa yang besar, sebagai salah satu mutiara terindah di Asia dan dunia, Indonesia harus menggunakan Asian Games dan Asian Para Games untuk menunjukkan pada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik, bangsa yang berprestasi, bangsa juara, dan menjunjung tinggi _fair play_. Kita tunjukkan bahwa Indonesia siap menjadi yang terdepan dalam mengangkat posisi Asia di dunia," ujar Kepala Negara.

Selain dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Presiden mengatakan di kancah internasional sejatinya kemampuan dan reputasi Indonesia sudah diakui.

Salah satu buktinya, pada tanggal 8 Juni 2018, dunia memercayai dan memilih Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

"Kepercayaan dunia ini harus kita tunaikan sebaik-baiknya. Dunia juga sangat menghargai rekam jejak diplomasi Indonesia, terutama diplomasi perdamaian dan diplomasi kemanusiaan Indonesia yang sangat menonjol," katanya.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved