HUT Kemerdekaan RI

Mendikbud Sebut Johny Kala Role Model Nasionalisme Zaman Now

Terima kasih saya kepada Johny yang telah bisa menjadi semacam role model anak Indonesia. Nasionalisme zaman now

Mendikbud Sebut Johny Kala Role Model Nasionalisme Zaman Now
Gita Irawan/Tribunnews.com
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Senayan, Jakarta Selatan saat menerima Johny dan keluarga di kantornya pada Senin (20/8/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengatakan dirinya sudah menduga kalau bocah SMP pemanjat tiang bendera saat upacara bendera memperingati HUT RI ke 73 di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi NTT Yohanes Ande Kala alias Johny Kala adalah contoh nasionalisme zaman now.

Hal itu disampaikan Muhadjir di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Senayan, Jakarta Selatan saat menerima Johny dan keluarga di kantornya pada Senin (20/8/2018).

"Terima kasih saya kepada Johny yang telah bisa menjadi semacam role model anak Indonesia. Nasionalisme zaman now," kata Muhadjir.

Bahkan Muhadjir juga menyamakan aksi Johny dengan peristiwa bersejarah 10 November 1945 di Surabaya ketika ada pemuda yang menyobek bagian biru bendera Belanda yang berwarna Merah Putih Biru untuk merebut kemerdekaan dari Belanda.

"Kalau dulu dalam upaya merebut kemerdekaan, mempertahankan Merah Putih waktu itu," kata Muhadjir.

Muhadjir sangat yakin penanaman nasionalisme kalau program Penguatan Pendidikan Karakter itu dilaksanakan oleh setiap sekolah masyarakat tidak perlu khawatir nasionalisme anak-anak sekolah tidak akan luntur.

Ia pun mengatakan banyak anak-anak yang melakukan aksi nasionalisme pada hari kemerdekaan yang mengekspresikan rasa nasionalismenya dengan tindakan yang di luar dugaan seperti Johny.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved