Breaking News:

Berita Parlemen

WAIPA Beri Kemudahan Perempuan Pelaku UMKM

Dukungan finansial dan akses pasar akan dibuka seluas-luasnya bagi perempuan pelaku UMKM.

Para perempuan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di ASEAN akan diberi berbagaI kemudahan akses untuk pemberdayaan secara ekonomi.

Dukungan finansial dan akses pasar akan dibuka seluas-luasnya bagi perempuan pelaku UMKM.

Ia mengatakan, Women Parliamentarians of AIPA (WAIPA) berkomitmen kuat untuk memajukan peran perempuan ASEAN dalam mengakses kemudahan untuk berusaha secara mandiri.

“Kebanyakan pelaku UMKM setelah berproduksi kesulitan memasarkan produknya. Kini, akses finansial, pelatihan, dan dukungan pasar akan dipernudah,” kata Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Amelia Anggraini usai mengikuti Meeting Women Parliamentarians of AIPA (WAIPA) di Singapura, Selasa (04/9/2018).

Tidak banyak perdebatan isu dalam pertemuan WAIPA tersebut. Delegasi DPR RI sendiri dipimpin Ketua BKSAP DPR RI Nurhayati Ali Assegaf. Selain Amelia, ia juga didampingi dua Anggota DPR RI lainnya, yaitu Endang Srikarti Handayani dan Kartika Yudhisti.

Perempuan ASEAN terutama pelaku UMKM harus berdaya secara ekonomi sekaligus diberi akses yang seimbang dengan kaum pria.

Sementara itu, lanjut Amel, sapaan akrabnya, di tengah revolusi industri keempat, peran perempuan akan diperjelas.

Lagi-lagi pemberdayaan ekonomi perempuan menjadi keniscayaan untuk dilakukan. Kesetaraan gender dalam mengakses modal usaha harus dikedepankan.

Untuk itu, perempuan harus dibekali berbagai keterampilan agar tetap eksis di tengah revolusi industri keempat.

“Yang kita suarakan tidak boleh ada perbedaan kesempatan dalam mengakses finansial,” tutup politisi NasDem ini.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved