Breaking News:

Gempa di Sulteng

Mendagri Minta Seluruh Pemda Ikut Bantu Pemulihan Palu dan Donggala

Tjahjo Kumolo menyampaikan dua instruksi penting pemerintah daerah terdekat sekitar lokasi bencana gempa bumi di Palu dan Donggala.

TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
EFEK GEMPA - Beberapa tamu Hotel Her Balikpapan masih menunggu kondisi kembali aman di pelataran hotel setelah sempat diguncang gempa, Jumat (28/9). Gempa yang terjadi di Donggala Sulawesi Tengah juga di rasakan di beberapa bangunan tinggi di Kota Balikpapan (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan dua instruksi penting pemerintah daerah terdekat sekitar lokasi bencana gempa bumi di Palu dan Donggala.

Instruksi pertama, kata Tjahjo, seluruh pemerintah daerah sekitar daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Mamuju dan sekitarnya agar segera mengirim bantuan peralatan dan logistik, tenaga medis, bahan makanan, obat-obatan, ambulance, pakaian, tenda dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam keadaan darurat.

"Selain itu, pemerintah daerah mengerahkan Satpol PP dan Damkar untuk ikut cepat menolong korban," kata Tjahjo, Jakarta, Sabtu (29/9/2018) dini hari.

Baca: Tersapu Tsunami, Megahnya Panggung Pesona Palu Berganti Banjir Air Mata

Tjahjo menambahkan instruksinya yang kedua yaitu Walikota Palu dan Bupati Donggal untuk segera segera mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pernyataaan keadaan darurat bencana, supaya pemerintah daerah punya payung hukum untuk menggunakan sumber pembiayaan APBN.

"Selain itu, untuk penanganan cepatnya harus dibantu segera dalam bentuk barang, peralatan dan sarana-prasarana lainnya yang dapat dimobilisasi segera," ujarnya.

"Prinsipnya saya meminta kepada jajaran pemerintah daerah segera tindaklanjuti untuk serius membantu saudara kita yang terkena musibah di Palu dan Donggala" sambung Tjahjo.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved