Gempa di Sulteng

Mendagri Terbang ke Palu Tinjau Kesiapan Daerah Tangani Bencana Tsunami

Tjahjo Kumolo akan terbang ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk memastikan kesiapan pemerintah daerah dalam penanganan bencana

Mendagri Terbang ke Palu Tinjau Kesiapan Daerah Tangani Bencana Tsunami
Rangkaian gempa bumi mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Puncaknya, gempa bermagnitudo 7,7 pada pukul 18.02 Wita. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa gempa pertama yang bermagnitudo 5,9 telah menyebabkan 1 orang tewas dan 10 orang luka-luka. Puluhan rumah rusak. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan terbang ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk memastikan kesiapan pemerintah daerah dalam penanganan bencana maupun sistem pemerintahan di daerah.

"Iya pagi ini, saya enggak pikir pengamanan, saya hanya memastikan di daerah siap," ujar Tjahjo usai rapat bersama tanggap bencana di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Sabtu (29/9/2018) dini hari.

Menurut Tjahjo, meninjau secara langsung sangat diperlukan seiring komunikasi dengan jajarannya di daerah sulit berjalan dengan baik, pasca gempa berkuatan 7,4 skala Richter (SR).

Baca: Mendagri Minta Seluruh Pemda Ikut Bantu Pemulihan Palu dan Donggala

"Enggak ada komunikasi, sulit. Sampai tadi jam 21.00 (kemarin), sudah ada kontak tapi terputus, minimal satpol PP kami, BPBD yang bisa gerak," kata Tjahjo.

Dalam penanganan bencana gempa dan tjunami di Palu dan Donggala, Tjahjo telah mengeluarkan dua instruksi.

Pertama, seluruh pemerintah daerah sekitar daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Mamuju dan sekitarnya agar segera mengirim bantuan peralatan dan logistik, tenaga medis, bahan makanan, obat - obatan, ambulance, pakaian, tenda dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam keadaan darurat.

"Selain itu, pemerintah daerah mengerahkan Satpol PP dan Damkar untuk ikut cepat menolong korban," kata Tjahjo.

Instruksi yang kedua yaitu Walikota Palu dan Bupati Donggal untuk segera segera mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pernyataaan keadaan darurat bencana, supaya pemerintah daerah punya payung hukum untuk menggunakan sumber pembiayaan APBN.

"Selain itu, untuk penanganan cepatnya harus dibantu segera dalam bentuk barang, peralatan dan sarana - prasarana lainnya yang dapat dimobilisasi segera," ujarnya.

"Prinsipnya saya meminta kepada jajaran pemerintah daerah segera tindaklanjuti untuk serius membantu saudara kita yang terkena musibah di Palu dan Donggala" sambung Tjahjo.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved