Breaking News:

Pesawat Lion Air Jatuh

Bagian Black Box Ditemukan, KNKT, NTSB Amerika Serikat dan Pihak Boeing Langsung Kumpul di JICT 2

"Jadi pabrikan pesawat otoriti dari negara, KNKT-nya Amerika itu sesuai dengan kebijakan mereka wajib membantu investigasi ini," katanya

Tribunnews.com/Gita Irawan
Pihak KNKT dan NTSB Amerika Serikat di JICT2, Tanjung Priok, Jakarta Utara 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah bagian black box pesawat Lion Air PK-LQP ditemukan personel Taifib Marinir Sertu Hendra pada Kamis (1/11/2018) sekira pukul 10.00 WIB di perairan Karawang, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tiba di dermaga JICT 2 Tanjung Priok pada pukul 12.00 WIB.

Selain bagian black box pesawat Lion Air, pihak KNKT juga membawa sejumlah orang dari National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat dan pihak Boeing untuk membantu KNKT melakukan investigasi.

Baca: Black Box Lion Air JT610 Ditemukan, Penyelam Sempat Putus Asa Lihat Benda Berserakan di Dasar Laut

"Jadi pabrikan pesawat otoriti dari negara, KNKT-nya Amerika itu sesuai dengan kebijakan mereka wajib membantu investigasi ini. Jadi mereka dalam hal ini membantu untuk KNKT melakukan investigasi," kata Soerjanto di dermaga JICT 2 Tanjung Priok Jakarta pada Kamis (1/11/2018)

KNKT juga melakukan pertukaran data dan informasi yang dibutuhkan untuk proses investigasi termasuk penyebab jatuhnya pesawat.

Jadi semua data yg dari pabrikan melewati NTSB, data apapun bisa kita minta dengan penyeldikan saat itu.

Meski sudah ditemukan, ia mengatakan belum bisa memastikan apakah black box yang ditemukan personel marinir berisi rekaman percakapan di kokpit atau data penerbangan.

Namun ia mengatakan untuk proses investigasi, dua jenis black box yakni FDR (berisi data penerbangan) dan CVR (berisi rekaman percakapan di kokpit) harus ditemukan.

Ia mengatakan tim KNKT juga telah berada di sana sejak Senin.

"Belum tahu, tim kita memang disama sejak Senin," kata Soerjanto.

Dari pantauan Tribunnews.com, para anggota KNKT dari Amerika Serikat tersebut langsung masuk ke tenda Basarnas di dermaga JICT 2 Tanjung Priok.

Mereka tampak mengamati peta dan data SAR dan evakuasi yang ditempel di dalam tenda posko Basarnas tersebut.

Baca: Sampai Siang Ini, Polisi Telah Ambil 152 Sampel Keluarga Korban Pesawat Lion Air PK-LQP

Setelah dari dalam tenda posko Basarnas, mereka yang mengenakan topi bertuliskan KNKT dan rompi oranye juga terlihat mengamati puing-puing pesawat yang digelar di dermaga JICT 2 Tanjung Priok.

Mereka juga tampak memisahkan dan mengelompokkan puing-puing pesawat.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved