Breaking News:

Pesawat Lion Air Jatuh

Sinyal Black Box Pesawat Lion Air JT 610 Memang Hanya Bisa Dideteksi dalam Air

Dengan temuan black box ini, diharapkan KNKT bisa mengidentifikasi penyebab kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 tersebut.

TRIBUN/IRWAN RISMAWAN
Kabasarnas Marsekal Muda Muhammad Syaugi menunjukkan bagian dari black box (kotak hitam) pesawat Lion Air PK-LQP di atas Kapal Baruna Jaya 1, Karawang, Jawa Barat, Kamis (1/11/2018). Bagian dari black box tersebut ditemukan penyelam TNI Angkatan Laut dari reruntuhan pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat pada Senin 29 Oktober lalu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan, Kamis (1/11/2018) siang.

Kompas TV melaporkan, kotak hitam sudah dibawa oleh Kapal Riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kotak hitam ditemukan sekitar pukul 10.00 WIB oleh Sertu Marinir Hendra Saputra, anggota tim penyelam TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter.

Selanjutnya, black box Lion Air JT 610 akan diberikan pada KNKT untuk ditangani lebih lanjut.

Dengan temuan black box ini, diharapkan KNKT bisa mengidentifikasi penyebab kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 tersebut.

Black box sendiri sebenarnya tidak berbentuk kotak dan tidak berwarna hitam.

Wujudnya adalah tabung berwarna oranye cerah yang terdiri dari dua bagian.

Bagian pertama merekam percakapan pilot dan ko-pilot dalam kokpit dan bagian kedua merekam data penerbangan.

Biasanya black box disimpan di ekor pesawat karena bagian itu yang dinilai paling mungkin selamat jika ada sebuah kecelakaan pesawat.

Ada 88 parameter yang dicatat dalam black box termasuk kecepatan pesawat, ketinggian, posisi kemudi, posisi roda, dan tekanan udara.

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved