Breaking News:

Tiga Gubernur Ngopi Bareng di Balai Kota DKI Usai Terima Penghargaan dari Komisi Informasi Pusat

Tiga Gubernur di Pulau Jawa "ngopi bareng" di Balai Kota DKI Jakarta usai menerima penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Tiga Gubernur di Pulau Jawa ngopi bareng di Balai Kota DKI Jakarta usai menerima penghargaan sebagai kota dengan keterbukaan informasi publik tertinggi dari KIP, Senin (5/11/2018). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga Gubernur di Pulau Jawa "ngopi bareng" di Balai Kota DKI Jakarta usai menerima penghargaan sebagai kota dengan keterbukaan informasi publik tertinggi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diajak Gubernur DKI Anies Baswedan bertandang ke kantornya untuk menikmati secangkir kopi atas keberhasilan mereka meraih penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Baca: Tim DVI Polri Berhasil Identifikasi 13 Jenazah Korban Pesawat Lion Air JT610 Hari Ini

"Alhamdulillah Jabar, Jateng, DKI, dan satu provinsi lagi, Kalimantan Barat, masuk kategori informasi paling tinggi dari sisi penilaian oleh KIP. Jadi tadi kita bersyukur kita duduk sama-sama, terus kita ngopi dulu. Kalau ngopi di Balai Kota. (Akhirnya) Kita ke sini ngopi bareng," ujar Anies Baswedan di Balai Kota DKi Jakarta, Senin (4/11/2018).

Menurut Ganjar, pertemuannya bersama Anies dan Ridwan Kamil dapat menunjukan sikap sejuk sebagaimana tercemin dalam slogan Bhineka Tunggal Ika.

Baca: Demi Bisa Memerankan Ahok, Daniel Mananta Naikkan Berat Badan hingga 5 Kilogram

Hal ini tak hanya dituangkan dalam hal pertemanan saja, melainkan juga profesionalitas pekerjaan.

"Saya senang dijamu sama Mas Anies. Dan kita menunjukan kita bertiga berdiri disini bisa adem loh Republik ini, nggak sepanas Jakarta. Kami orang kampung datang ke Jakarta kalau ngeliat ah panas. Hari ini dapat adem, bisa ditraktir ngopi, bisa berbincang banyak," kata Ganjar.

Mengenai penghargaan yang ia dapat, sambung Ganjar, keterbukaan informasi merupakan hal yang sangat penting.

Baca: Amerika Serikat terapkan sanksi terberat, apakah Iran bisa tumbang?

Sebab, dari transparansi itu, lahir sebuah pertanggung jawaban dari seorang pemimpin.

Nantinya, akuntabilitas itu bisa membantu para pemimpin untuk mencegah korupsi yang mungkin terjadi di sekitarnya.

Selain itu, secara tidak langsung masyarakat juga diberikan akses mengetahui informasi terkait apa dan bagaimana seorang pemimpin melahirkan sebuah kebijakan.

"Penting banget. Kalau kita udah bisa transparan, biasanya itu pertunjukan akuntabilitas. Kita bisa cegah korupsi, jadi publik diberi akses dan ini mencerdaskan semuanya," kata Ganjar.

Sementara itu, Ridwan Kamil yang memesan secangkir es cokelat menjelaskan bahwa pertemuannya bersama dua Gubernur hari ini bisa di tiru oleh pengikutnya di instagram

Dia juga berharap tak ada lagi sikap "nyinyir" seperti yang pernah menimpa dirinya dengan sang Gubernur DKI.

"Para followers yang suka nafsir-nafsir, harus ikut adem jangan seperti sebelumnya. Mudah-mudahan suasana kita bertiga ini mewakili Indonesia yang damai dan sejuk," katanya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved