Berita Parlemen

Sumsel Perlu Kembangkan Industri Pariwisata

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir sangat mendorong Sumsel mengembangkan industri pariwisatanya.

Sumsel Perlu Kembangkan Industri Pariwisata
Jaka/rni
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir. 

Pasca sukses menyelenggarakan Asian Games, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kini fokus mengembangkan industri pariwisata. Banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di bumi Sriwijaya ini.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir sangat mendorong Sumsel mengembangkan industri pariwisatanya.

Hafisz menambahkan, butuh kebijakan politik untuk memulai mengembangkan Sumsel sebagai industri pariwisata. Ada sekitar 52 Anggota DPR RI dari Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) dan warga Sumsel lainnya yang duduk di pemerintahan untuk menyusun regulasi menyangkut hal ini.

“Saat ini industri pariwisata telah berhasil menggeser industri hutan, kebun, dan CPO/sawit. Industri pariwisata menduduki peringkat kedua nasional sebagai pengumpul devisa nasional tertinggi,” ungkap legislator asal Palembang itu saat diwawancara lewat pesan singkat, Rabu (14/11/2018). Dia berharap, cita-cita menjadikan Sumsel sebagai industri pariwisata bisa segera terwujud.

Menurut legislator PAN itu, ada banyak potensi yang bisa diangkat untuk menyulap Sumsel menjadi industri pariwisata. Misalnya, kuliner berupa ragam makanan dan kopi. Dari sisi alam, ada gunung, air mancur, sungai, dan danau.

Dari sektor seni, ada tari dan kain songket. Belum lagi Sumsel juga bisa membangun MICE (meeting, incentive, convention, and exebition).

Ditambahkan Hafisz, untuk membangun industri pariwisata butuh infrastruktur yang memadai. Ini adalah kendala awal di Sumsel bila ingin membangun destinasi wisata yang mendunia.

“Ada kendala, yaitu masih lemahnya moda transportasi inter-kabupaten/kota di Sumsel. Maka sebelum masuk ke industri pariwisata yang komplit di Sumsel perlu berbenah infrastruktur dahulu,” tutup Hafisz.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved