Ikatan Alumni FT USU Jabodetabek Selenggarakan Seminar Energi

Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi organisasi yang beranggotakan kurang lebih 3000 orang ini, pada masalah lingkungan hidup dan konservasi energ

Ikatan Alumni FT USU Jabodetabek Selenggarakan Seminar Energi
ist
Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Jabodetabek, (IKA FT USU JABODETABEK) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Jabodetabek, (IKA FT USU JABODETABEK) mengadakan Seminar Nasional tentang Application of Waste to Energy Technology : Developing Scientific, Business and Renewble Energy Policy, pada Kamis, 22 November 2018, di Hotel Bidakara – Jakarta.

Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi organisasi yang beranggotakan kurang lebih 3000 orang ini, pada masalah lingkungan hidup dan konservasi energi.

Karena itu masalah peningkatan jumlah sampah terutama dikota kota besar, pencemaran lingkungan dan perairan laut oleh sampah terutama sampah plastik menjadi salah satu latar belakang seminar ini.

Disisi lain, kemajuan teknologi pengolahan sampah dapat menghasilkan energi, seperti Bahan Bakar Cair, Gas, dan bahkan sebagai pembangkit energi listrik. Konsep ini dikenal dengan Waste to Energy (W2E), - dari sampah menjadi energi.

Organisasi Alumni yang diketuai oleh Ir. Nasri Sebayang MBA ini, menyadari bahwa untuk implementasi W2E ini bukanlah sesuatu yang mudah.

Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan yaitu : Ketersediaan Teknologi yang handal, bentuk bisnis dan keekonomian, serta kebijakan tentang renewable energy. Seminar ini merupakan sebagai upaya membangun kesadaran terhadap lingkungan hidup dan konservasi energi sekaligus.

Ketua Organising Committee , Ir. Andi Akmal Amnur, mengharapkan tujuan dari seminar ini adalah terbangunnya kolaborasi antara teknologi, bisnis dan kebijakan sebagai dasar pengembangan W2E di tanah air.

Seminar ini diiukuti oleh unsur Pemerintah kota, unsur Pelaku usaha, unsur Pemerintah, unsur Perguruan Tinggi dan Peneliti, serta stakeholder lainnya.

Berkenan hadir dan menyampaikan keynote adalah Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Ir. Djoko Rahardjo Abumanan, Direktur Bisnis Regional Jawa Bag.Timur, Bali dan Nustra PT.PLN (Persero).

Sedangkan sebagai pembicara pada seminar tersebut antara lain : Ir. Surya Darma M,Sc, Ketua Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indomesia (METI), Ir. Budi Mulyono, MM , Vice President Energo Alternatif PT.PLN (Persero).

Untuk aspek Teknologi hadir sebagai pembicara Mr. Kim Kanglyen dari WEEPEL Group Co,Ltd – Korea Selatan, Ir. Hari Yurismono, M.Eng Kepala Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Desain BPPT, Dr. Ir. Widiatmi Sih Winanti M.Si Kepala Program Pembangunan Pilot Project PLTSa BPPT, dan dari sisi bisnis dan supporting adalah : Dr. Ir. Maxientius Trisambodo dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Dr. Ir. Nazaruddin Matondang .MSIE Ketua Prodi Pasca Sarjana Teknik Industri – Univ. Sumatera Utara dan Dr. Ir. Irvan M.Eng Wakil Dekan Fakultas Teknik Univ. Sumatera Utara.

Seminar yang dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dari berbagai unsur ini, ditutup dengan pembacaan hasil seminar oleh Prof. Dr.Eng Darwin Sebayang, yang juga alumni Fakultas Teknik USU.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved