Breaking News:

BMKG Tegaskan Isu Gempa dan Tsunami di Seluruh Indonesia saat Malam Tahun Baru Adalah HOAX

Kabar hoax beredar di media sosial terkait isu tsunami dan gempa di seluruh wilayah Indonesia pada malam tahun baru.

Facebook/ Kompas.com
Tangkapan layar berita hoaks yang menyebutkan akan terjadi gempa dan tsunami pada 31 Desember 2018 di seluruh wilayah Indonesia(Facebook) 

TRIBUNNEWS.COM - Kabar hoax beredar di media sosial terkait isu tsunami dan gempa di seluruh wilayah Indonesia pada malam tahun baru.

Bencana akibat tsunami Selat Sunda merusaj sejumlah pemukiman warga di Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12/2018) lalu.

Tsunami yang diduga karena erupsi Gunung Anak Krakatau ini menyebabkan longsor.

Longsor tersebut yang mengakibatkan gelombang laut tinggi dan bergerak ke pesisir.

Kabar bencana tsunami masih menyisakan pilu, ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab sebarkan berita bohong.

Kesimpangsiuran informasi tentu membuat masyarakat resah.

Salah satunya di media sosial Facebook, terdapat suatu kabar yang mengatakan bahwa akhir Desember 2018 akan terjadi gempa besar di wilayah Indonesia.

Narasi yang beredar: Informasi bohong ini disebarkan oleh salah satu akun di media sosial Facebook pada 23 Desember 2018 malam.

Konten yang diunggah tersebut dilengkapi sebuah video siaran pemberitaan yang menyebutkan bahwa pada 31 Desember 2018 akan terjadi gempa dan tsunami di seluruh wilayah Indonesia.

Mirisnya, unggahan ini terlihat dibagikan lebih dari 1.000 akun lain. Video itu juga telah ditonton lebih dari 1 juta akun lain.

Pantauan Kompas.com, terlihat di lini masa akun tersebut, konten yang sama kembali diunggah pada 25 Desember 2018.

Berikut tangkapan layarnya: "Malam Tahun Baru 31 Desember 2018 Pukul 24.00 akan terjadi GEMPA dan TSUNAMI di Seluruh Indonesia"

Tangkapan layar berita hoaks
Tangkapan layar berita hoaks yang menyebutkan akan terjadi gempa dan tsunami pada 31 Desember 2018 di seluruh wilayah Indonesia(Facebook)

Pihak Kompas.com telah mengkonfirmasi terkait kabar tersebut.

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Taufan Maulana menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar atau hoaks. "Saya pastikan hoaks," kata Taufan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/12/2018) pagi.

Taufan menyampaikan, hingga saat ini belum terdapat teknologi yang dapat mengetahui kapan akan terjadi gempa bumi secara pasti dan tepat.

Apabila menerima suatu informasi yang menimbulkan keresahan, masyarakat diimbau untuk melakukan konfirmasi ke pihak terkait. "Konfirmasi ke lembaga yang memiliki kewenangan untuk menjawab itu.

Cek dan ricek. Pemerintah tegas untuk memerangi berita-berita hoaks," ujar Taufan.

BMKG, lanjut dia, akan berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi untuk melakukan pemblokiran akun-akun yang memberitakan informasi-informasi bohong atau hoaks.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "[HOAKS] Gempa dan Tsunami di Seluruh Indonesia Saat Malam Tahun Baru"

Sumber: Kompas.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved