Pimpinan KPK Diteror

Serbuk dalam Benda Mirip Bom Pipa di Rumah Ketua KPK Ternyata Semen Putih

Ia mendapatkan kepastian bahwa serbuk itu adalah semen putih dari hasil pengecekan tim Puslabfor.

Serbuk dalam Benda Mirip Bom Pipa di Rumah Ketua KPK Ternyata Semen Putih
Vincentius Jyestha/Tribunnews.com
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (tengah) bersama Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Syahar Diantono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri telah memastikan bahwa benda mirip bom pipa di kediaman Ketua KPK, Agus Rahardjo, di Bekasi, Jawa Barat, adalah fake bomb atau bom palsu.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo turut mengungkapkan benda itu berisikan serbuk putih yang ternyata adalah semen putih.

"Serbuk putih yang dicurigai sebagai bahan peledak, ternyata adalah CAO, A12O3, SIO2, MG02, SO3, NA2O, K20, disimpulkan adalah bahwa senyawa tersebut semen putih," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

Ia mendapatkan kepastian bahwa serbuk itu adalah semen putih dari hasil pengecekan tim Puslabfor.

Selain itu, di benda yang diduga mirip bom pipa, kata dia, juga tidak ditemukan sesuatu yang berkaitan dengan bahan peledak.

"Dari hasil lab, benda tersebut adalah semen. Di dalam juga tidak ada kaitan dengan bahan peledak," kata jenderal bintang satu itu.

Baca: Saksi Dengar Suara Motor dan Gelas Pecah Saat Teror di Rumah Laode Syarif

Sebelumnya diberitakan, Mabes Polri mengungkap bahwa benda mirip bom pipa yang menyasar kediaman Ketua KPK, Agus Rahardjo, adalah fake bomb atau bom palsu.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan kepastian ini diperoleh melalui hasil identifikasi pusat laboratorium forensik (Puslabfor).

"Yang di Bekasi di rumah pimpinan KPK pak Agus firm itu fake bomb, bom palsu. Memang ada sejenis paralon ada juga kabel-kabel, ada baterai tetapi tidak merupakan satu rangkaian devices yang selayaknya bom, detonator tidak ada sama sekali," ujar Iqbal, di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved