Kementerian Kelautan dan Perikanan Bidik 13 Perusahaan Jepang Jalin Kerja Sama di Sektor Perikanan

13 pengusaha Jepang hadir dalam agenda yang membahas mengenai peluang kerjasama dan bisnis dalam sektor perikanan antara Indonesia-Jepang.

Kementerian Kelautan dan Perikanan Bidik 13 Perusahaan Jepang Jalin Kerja Sama di Sektor Perikanan
Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) undang Japan External Trade Organization (JETRO) dalam acara bertajuk 'Indonesian-Japan Business and Investment Forum: Shapping Partnership For Sustainable Marine and Fisheries Development'.

13 pengusaha Jepang hadir dalam agenda yang membahas mengenai peluang kerjasama dan bisnis dalam sektor perikanan antara Indonesia-Jepang.

Baca: Pria di India Terkejut Temukan Mayat Wanita di Bawah Ranjangnya Sesaat Setelah Bangun Tidur

Diharapkan dengan agenda pertemuan itu bisa menarik investasi para pengusaha Jepang yang tergabung dalam organisasi tersebut.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan ada 13 perusahaan yang berpeluang bekerjasama dengan pemerintah dalam sektor perikanan.

Perusahaan-perusahaan yang hadir dalam kegiatan tersebut bergerak dalam sektor manufaktur, cold storage, dan logistik.

Baca: Wanita Ini Tidak Menyangka Ada Cincin di Dalam Hidungnya Selama 12 Tahun, Terungkap Saat Bersin

"Di sini ada 13 perusahaan yang diprakarsai oleh JETRO yang bergerak di sektor manufacturing, cold storage, dan logistik," ujar Rifky, di Kompleks Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Ia berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan peluang investasi yang berkelanjutan antara kedua negara.

"Mudah-mudahan teman-teman bisa bertemu dan bisa menghasilkan bisnis opportunity yang bisa dieksekusi dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang," kata Rifky.

Baca: Heboh Pria di Karimun Bunuh dan Minum Darah Kucing, Ada 7 Bangkai Kucing di Tas Pelaku

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai kerjasama dengan pengusaha Jepang bisa meningkatkan nilai ekspor hasil tangkapan Indonesia, terutama ikan tuna.

Perlu diketahui, tuna memang menjadi salah satu produk tangkapan yang paling banyak disumbang nelayan kecil Indonesia selain tongkol dan cakalang.

"Sekarang dengan ikan tuna Indonesia yang sangat banyak, tentunya kita perlu kerjasama, karena Jepang salah satu buyer tuna terbesar di dunia," kata Susi.

Dalam pertemuan tersebut, Susi pun membahas mengenai seberapa besar bisnis perikanan yang bisa dikembangkan kedua negara.

Baca:  Terhalang Restu Keluarga BTP, Pernikahan Ahok Terancam Batal, Ayah Puput Nastiti Devi: Urusan Dia

Menurutnya, bisnis forum tersebut bisa meningkatkan peluang dan kerjasama dalam sektor perikanan.

"Bisnis forum dengan delegasi Jepang ini, intinya ingin mengembangkan lebih banyak potensi-potensi bisnis Jepang dengan Indonesia," kata Susi.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved