Honeywell Siap Pasok Teknologi C4ISR untuk Operasi Militer dan Kemanusiaan Kemenhan RI

Honeywell selama ini menjadi PT Dirgantara Indonesia untuk menyuplai 34 mesin TPE 331 serta teknologi avionik yang digunakan di pesawat NC212i

Honeywell Siap Pasok Teknologi C4ISR untuk Operasi Militer dan Kemanusiaan Kemenhan RI
HANDOUT
Teknologi Jetwave Military dari Honeywell 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Honeywell selama ini dikenal sebagai salah satu mitra Pemerintah RI di bidang pertahanan. Antara lain, memberikan dukungan atas kebutuhan teknologi militer kedirgantaraan.

Honeywell selama ini menjadi mitra PT Dirgantara Indonesia untuk menyuplai 34 mesin TPE 331 serta teknologi avionik yang digunakan di pesawat NC212i produksi PTDI.

Honeywell juga menyediakan teknologi upgrade untuk pesawat angkut Hercules C-130 yang digunakan untuk keperluan militer maupun kemanusiaan seperti bantuan darurat. Teknologi yang dihadirkan berupa radar cuaca dan anti tabrakan.

Kegiatan pengiriman bantuan darurat bisa dilakukan dengan kondisi pesawat yang beroperasi dengan aman dan efisien.

Perusahaan asal Amerika Serikat ini menyatakan siap mendukung upaya Indonesia meningkatkan kemampuan perlengkapan militer kedirgantaraannya sekaligus memperpanjang masa gunanya dengan menghadirkan teknologi C4ISR (command, control, communication, computer, intelligence, surveillance, and reconnaissance).

Roy Kosasih, President, Honeywell IndonesiA mengatakan, C4ISR merupakan teknologi dari Honeywell untuk meningkatkan koordinasi operasi militer antara prajurit dan komandannya. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk mendukung operasi kemanusiaan seperti penerbangan ke daerah bencana agar mobilisasi bantuan bisa dilakukan cepat dan tiba tepat waktu.

High Data-Rate dari Honeywell2
Teknologi paket perangkat lunak High Data-Rate dari Honeywell.

"Kami dapat meningkatkan kemampuan TNI dalam mengelola, memproses dan mendistribusikan informasi secara efektif. Solusi dari Honeywell untuk C4ISR dapat secara presisi membantu upaya koordinasi, pelacakan dan pemantauan aset militer hingga keputusan dapat diambil dengan cepat dan tepat, baik saat perang maupun dalam kondisi damai," jelas Roy Kosasih

Dia juga menjelaskan, teknologi C4ISR Honeywell menjamin data dapat diterima dengan aman dan utuh secara konsisten hingga membantu kesuksesan misi operasional. 

Baca: DFSK Siap-siap Luncurkan SUV Baru 7-Seaters, Seperti Ini Bocoran Tampilannya

"Teknologi kami juga membantu proses komunikasi secara keseluruhan hingga informasi penting di darat, laut, udara dan dunia maya dapat selalu diketahui secara tepat," ungkap Roy Kosasih.

Bagaimana teknologi C4ISE ini beroperasi dan apa platform yang digunakan?  Tim Van Luven, vice president, Aftermarket Sales, Defense, Asia Pacific, Honeywell Aerospace menjelaskan, teknologi C4ISR menyambungkan semua sensor-sensor agar data dapat dikumpulkan dan dianalisa hingga segala keputusan, termasuk peringatan dan panggilan, dapat dilakukan oleh ruang pusat kendali secara cepat dan tepat.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved