274 Rumah Tersapu Angin Puting Beliung di Sukabumi, 49 Rusak Berat

"Sampai hari ini terdata masyarakat terdampak berjumlah 274 kepala keluarga yang berjumlah 1.105 jiwa," ungkap Camat Cicantayan Sendi Apriadi

274 Rumah Tersapu Angin Puting Beliung di Sukabumi, 49 Rusak Berat
Kompas.com/Budiyanto
Seorang warga membersihkan pohon tumbang terdampak bencana angin puting beliung di Desa Lembursawah, Cicantayan, Sukabumi,Jawa Barat, Jumat (22/2/2019). KOMPAS.com/BUDIYANTO 

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Jumlah rumah terdampak bencana angin puting beliung pada Jumat (22/2), di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, terdata mencapai 274 unit rumah. Dari ratusan unit rumah terdampak ini, 49 unit rumah mengalami rusak berat. Sedangkan yang lainnya berkategori rusak sedang berjumlah 103 unit rumah dan rusak ringan sebanyak 122 unit rumah.

Selain ratusan rumah rusak terdampak bencana angin puting beliung, juga terdapat dua warga yang mengalami cedera ringan. Keduanya langsung ditangani pada saat kejadian.

"Sampai hari ini terdata masyarakat terdampak berjumlah 274 kepala keluarga yang berjumlah 1.105 jiwa," ungkap Camat Cicantayan Sendi Apriadi, kepada wartawan di Desa Sukadamai, Cicantayan, Senin (25/2/2019) petang.

Dia menuturkan, dari ratusan rumah terdampak bencana tersebut terdapat 49 unit rumah berkategori rusak berat. Sendi mengatakan, warga terdampak bencana di antaranya sudah mendapatkan bantuan dari Pemkab Sukabumi dan PMI Kabupaten Sukabumi.

"Bantuan berupa material bangunan dan juga ada sembako serta obat-obatan. Penyerahannya tadi langsung oleh Pak Bupati," tutur camat yang baru bertugas empat bulan itu.

Baca: Diisukan Segera Dinikahi Reino Barack, Syahrini Bagikan Potret Bahagia, Melly Goeslaw: Sesaat Lagi

Sendi mengatakan hingga Senin (25/2/2019), masih ada lima kepala keluarga dengan total 13 jiwa yang mengungsi. Sebelumnya, ada tujuh keluarga yang mengungsi akibat rumahnya rusak. "Mereka mengungsi ke rumah keluarga atau kerabatnya. Dan sudah ada yang kembali ke rumahnya setelah diperbaiki," katanya.

Data sementara Kecamatan Cicantayan menyebutkan, bencana angin puting beliung itu terjadi di empat dari delapan desa. yaitu Desa Lembursawah, Cijalingan, Cimahi dan Cicantayan. Jumlah kerusakan rumah terbesar di Desa Lembursawah yang mencapai 139 unit rumah dan Desa Cijalingan berjumlah 133 unit rumah.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, ia sudah mengecek langsung ke lokasi perkampungan yang terdampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Cicantayan. Bantuan-bantuan juga sudah disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos).

Baca: Temani Gempi Seharian, Gading Marten Ungkap Keberadaan Gisella Anastasia

Para petugas dari kecamatan dan desa juga sudah melakukan optimalisasi dalam penanggulangan bencana. "Hasilnya sudah ada percepatan, rumah-rumah yang awalnya rusak sudah diperbaiki dan sudah kembali dihuni," kata Marwan di sela kunjungannya ke Desa Sukadamai, Cicantayan, Senin petang.

Dia juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan hati-hati dalam menghadapi cuaca ekstrem. Marwan juga mengimbau agar secepatnya menanami lahan-lahan yang miring atau lerengan dengan tanaman pepohonan yang kuat.

Diberitakan sebelumnya angin puting beliung merusak rumah milik warga di Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

Selain merusak rumah, sejumlah pohon juga ikut tumbang. Pantauan Kompas.com di salah satu lokasi terdampak yaitu di Dusun Bantarkaret, Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, terdapat beberapa rumah tertimpa pohon tumbang.

Laporan: Budiyanto

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul:  Angin Puting Beliung di Sukabumi, 274 Rumah Terdampak, 49 Rusak Berat

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved