ESDM Sambut Baik Hadirnya Perkumpulan Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Indonesia

Dewan Pimpinan Nasional Perkumpulan Konsultan Hukum & Pengacara Pertambangan Indonesia (DPN PERKHAPPI)

ESDM Sambut Baik Hadirnya Perkumpulan Konsultan Hukum dan Pengacara Pertambangan Indonesia
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Para pejabat PERKHAPPI berfoto bersama dengan?Prof Hikmahanto Juwana, S.H., LLM., PhD (Ahli Hukum Pertambangan/Guru Besar Universitas Indonesia), dan Ir. Tria Supjaneni, M.M. (Praktisi Pertambangan) serta?Irjen Pol (Purn) Drs E. Widyo Sunaryo selaku Staf Khusus Menteri ESDM dalam acara Seminar Nasional Hukum Pertambangan di Hotel Ibis Kemayoran, Sabtu (6/4/2019). 

TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA - Dewan Pimpinan  Nasional Perkumpulan Konsultan Hukum & Pengacara Pertambangan Indonesia (DPN PERKHAPPI) menggelar Seminar Nasional Hukum Pertambangan dengan tema “Perkembangan dan Prospek Usaha Pertambangan dalam Kacamata Hukum Nasional” di Hotel Ibis Kemayoran, Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

Acara tersebut sekaligus sebagai launching Perkumpulan Konsultan Hukum & Pengacara Pertambangan (PERKHAPPI) sebagai wadah para konsultan hukum pertambangan di seluruh Indonesia.

Hadir sekitar 100 orang peserta dari berbagai kalangan dan daerah termasuk perwakilan kementerian ESDM, Kementerian Hukum dan HAM, Dewan Energi Nasional, praktisi hukum, para ahli pertambangan, akademisi, pemerintah, perusahaan pertambangan, dan lain-lain.

Andriansyah Tiawarman K, S.H., M.H., CPL., CPCLE., CCD selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa acara ini diadakan sebagai media pengenalan PERKHAPPI kepada seluruh stakeholder di bidang pertambangan khususnya para praktisi hukum.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan ini antara lain Justitia Training Center dan Pusat Studi Hukum Pertambangan (PSHP). Semoga hari ini akan menjadi sejarah lahirnya suatu Organisasi sebagai wadah para konsultan hukum & Pengacara pertambangan hukum di Indonesia demi terwujudnya kedaulatan hukum pertambangan nasional," ujar Andriansyah Tiawarman K yang juga Sekretaris Jenderal DPN PERKHAPPI.

Prof Dr Fasial Santiago, S.H., M.M. sebagai Ketua Umum DPN PERKHAPPI dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh perwakilan dan peserta yang hadir. 

Ia berharap hadirnya PERKHAPPI di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan solusi terkait banyaknya permasalahan pertambangan di Indonesia.

"Jadi kami akan memberikan sertifikasi, akan ada kepercayaan dari pemerintah, perusahaan dan masyarakat bahwa orang-orang yang bisa menyelesaikan perkara pertambangan adalah yang sudah mendapatkan pendidikan khusus tentang pertambangan karena kami akan membuat standar profesinya," tutur Faisal Santiago.

Acara yang dibuka pada pukul 19.00 WIB itu menghadirkan satu orang keynote speech yaitu Menteri Energi & Sumber Daya Mineral Ir. Ignasius Jonan, M.A. yang diwakili oleh Irjen Pol (Purn) Drs E. Widyo Sunaryo selaku Staf Khusus Menteri ESDM. 

Dalam pidatonya, disampaikan bahwa Menteri ESDM menyambut baik hadirnya PERKHAPPI di Indonesia. Hadirnya PERKHAPPI di Indonesia diharapkan dapat menjadi mitra dari kementerian ESDM dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pertambangan serta dapat menjadi wadah yang baik.

Halaman
12
Editor: FX Ismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved