Lagi, Dua Kapal Vietnam Karena Dugaan Pencurian Ikan di Perairan Indonesia

Dari patroli tersebut, KRI Usman Harun-359 mendapatkan kontak kapal pada posisi 05° 02’ 772’’ U - 110° 30’ 737’’ T, tepatnya di Laut Natuna.

Lagi, Dua Kapal Vietnam Karena Dugaan Pencurian Ikan di Perairan Indonesia
Istimewa
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan kembali melakukan penangkapan terhadap Kapal Perikanan Asing (KIA) berbendera Malaysia. 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Jajaran TNI AL melalui Koarmada I kembali menangkap dua kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang diduga melakukan pencurian ikan di laut Natuna, Sabtu (13/4). Kedua kapal tersebut yakni kapal KIA BV 9888 TS berbendera Vietnam dengan Tonage 80 GT.

Kapal ini dinakhodai Le Van Taw dengan jumlah ABK tiga orang berkewarganegaraan Vietnam. Kemudian, kapal KIA BV 8118 TS berbendera Vietnam dengan tonage 80 ton yang dinakhodai Chiem Van Nghiep dengan jumlah ABK 17 orang WNA Vietnam dan bermuatan 1 Ton Ikan Campuran.

Kadispen Koarmada I Letkol Agung Nugroho mengatakan, penangkapan ini berawal saat KRI Usman Harun-359 melaksanakan patroli rutin di wilayah barat perairan Indonesia.

Dari patroli tersebut, KRI Usman Harun-359 mendapatkan kontak kapal pada posisi 05° 02’ 772’’ U - 110° 30’ 737’’ T, tepatnya di Laut Natuna.

Baca: Di Sydney, Warga yang Akan Mencoblos Antre Sampai berjam-jam, KPU Diminta Evaluasi

Lalu, KRI Usman Harun-359 melakukan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (jarkaplid) dilanjutkan dengan proses pemeriksaan dan penggeledahan terhadap Dokumen, ABK dan Muatan kedua KIA tersebut.

Baca: Didukung Modal Besar, Decacorn Berpeluang Memonopoli Pasar di Bisnis Ride Hailing

"Saat ditangkap, kedua KIA Vietnam tersebut sedang melaksanakan kegiatanillegal fishing di wilayah perairan Indonesia (ZEEI) dengan menggunakan alat tangkap ikan pair trawl," kata Agung melalui ponselnya, Minggu (14/4/2019).

Baca: Gangguan di Facebook, Instagram dan WhatsApp Jadi Trending di Twitter

Agung mengatakan penangkapan kapal ikan Vietnam ini merupakan kali kedua setelah dua pekan lalu KRI Usman Harun telah menangkap dua kapal ikan Vietnam di Laut ZEE Indonesia tepatnya Laut Natuna Utara.

Lebih jauh, Agung mengatakan, penangkapan Kapal Ikan Asing tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini Koarmada I dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Hal ini sesuai dengan penekanan yang disampaikan oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, bahwa unsur KRI Koarmada I agar meningkatkan patroli di perbatasan serta tidak ragu dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan aktifitas ilegal serta pencurian sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia bagian barat.

Saat ini kapal tersebut dalam perjalanan menuju ke dermaga Lanal Natuna.

Laporan: Hadi Maulana

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Diduga Curi Ikan di Laut Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap TNI AL

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved