Breaking News:

Paskah 2019

Misa Kedua, Jemaat Gereja Katedral Jakarta Terpantau Khusyuk Ibadah

Misa kedua pada Jumat Agung jelang Hari Raya Paskah yang digelar di Gereja Paroki Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019) terpantau khidmat

Tribunnews.com/ Fitri Wulandari
Misa kedua Jumat Agung jelang Hari Raya Paskah 2019 yang digelar di Gereja Paroki Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Misa kedua pada Jumat Agung jelang Hari Raya Paskah yang digelar di Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019) terpantau berjalan khidmat.

Para jemaat yang hadir dan mengikuti misa terlihat khusyuk.

Pantauan Tribunnews, jemaat tua, muda, lelaki maupun perempuan memadati aula utama hingga halaman gereja.

Ditemui di gereja tersebut, Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie mengatakan dalam Misa kali ini seluruh umat Kristiani sedang merenungkan apa yang dialami Yesus Kristus.

Baca: Pesan Paskah Uskup Ambon, Mandagi: Jangan Takut Hidup Benar dan Jujur

"Kita merenungkan kisah sengsara Kristus dan wafatnya, ditampilkan bahwa manusia itu ada pergolakan dalam hidupnya, dengan adanya godaan dari iblis dalam kehidupan sehari-hari," ujar Susyana.

Terkait tema Paskah 2019 ini, gereja yang memiliki letak tepat di depan Masjid Istiqlal itu memilih tajuk 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'.

Baca: Tradisi Perang Air Meriahkan Perayaan Paskah di Polandia dan Ukraina

Pemilihan tajuk tersebut sesuai dengan tema Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta yang mencanangkan tahun 2019 sebagai 'Tahun Berhikmat'.

Terjunkan 5.500 personel

Polda Metro Jaya telah menyiapkan skema pengamanan untuk mengamankan jalannya ibadah umat kristiani pada Kenaikan Isa Al Masih dan Paskah.

"Untuk kegiatan besok kenaikan Isa Almasih dari Polda Metro Jaya sudah merencanakan untuk pengamanan di beberapa gereja yang melaksanakan kegiatan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Rencananya, ribuan personel bakal diterjunkan oleh Polda Metro Jaya untuk mengamankan sejumlah gereja yang mengadakan kebaktian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (Tribunnews.com/Glery Lazuardi)

Baca: Peringati Paskah, Aston Pluit Hotel & Residence Gelar Master Chef ‘Kids

Pihak Polda Metro Jaya bakal berkoordinasi dengan gereja-gereja terkait jadwal pelaksanaan kebaktian.

"Ada sekitar 5.500 personel yg kita turunkan untuk menjaga. Jadi nanti kita komunikasi dengan pimpinan gereja kira-kira nanti jadwal kebaktiannya kapan," tutur Argo.

"Apakah nanti malam ataukah besok pagi atau besok sore. Tapi semuanya dudah kita komunikasikan dan sudah kita siapkan untuk pengamanan," pungkas Argo.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved