Kemenhub Gelar Rakor Persiapan Mudik Lebaran

Budi menunjuk Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) untuk menjadi koordinator lapangan selama penyelenggaraan angkutan lebaran 2019.

Kemenhub Gelar Rakor Persiapan Mudik Lebaran
Ria Anatasia/tribunnews.com
Kemenhub gelar rapat koordinasi persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019 bersama sejumlah instansi dan stakeholder sektor transportasi di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (22/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi memimpin langsung rapat koordinasi persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019 bersama sejumlah instansi dan stakeholder sektor transportasi di kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Ditjen Perhubungan Laut, Ditjen Perhubungan Udara, Dirut AP II Muhammad Awaluddin, perwakilan Basarnas, Polri, Pemda dan pihak terkait lainnya.

"Hari ini kami mengumpulkan para stakeholder untuk mempersiapkan kegiatan mudik. Oleh karenanya kami secara intensif melibatkan stakeholders yang terdiri dari Polri, Pemda, Kementerian PUPR, BUMN, kesehatan, basarnas, BMKG dan sebagainya. Ini agar masing-masing pihak mempersiapkan diri dengan baik," kata Menhub Budi Karya.

Baca: Dianggap Tidak Sah, Ini Fakta Bupati Madina Berniat Mundur Karena Jokowi Kalah di Daerahnya

Baca: Prediksi Persija Jakarta vs Ceres Negros di Fase Grup G Piala AFC, Menang Atau Tersingkir?

Budi memperkirakan moda transportasi darat dan udara akan populer digunakan masyarakat. Dia meminta semua stakeholder mempersiapkan pelayanan terbaik.

"Kalau dilihat secara umum bahwa kegiatan mudik itu akan masif di udara dan darat. Di udara karena kegiatan kita antarpulau mengharuskan masyarakat naik pesawat dan juga darat apalagi dengan adanya jalan tol," jelasnya.

Menurutnya, hal yang akan diggarisbawahi dalam rapat tersebut terkait isu keselamatan, pelayanan, keamanan hingga kemacetan.

Selain itu, Budi menunjuk Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) untuk menjadi koordinator lapangan selama penyelenggaraan angkutan lebaran 2019.

Baca: Sebagian Warga Masih Bertahan di Tempat Pengungsian Meski Banjir di Bandung Selatan Berangsur Surut

Baca: Belum di Rekap, Gudang Penyimpanan Kotak Suara KPU di Sumatera Barat Malah Terbakar

"Isu keselamatan juga bukan saja penggunaan sarana tapi prasarananya juga perlu dipersiapkan secara baik. Nanti kita dengan bantuan polri untuk gerakkan semua kapolres beserta persatuan pemilik jalan tol untuk mengamati," ujar Budi.

"Saat ini kan sudah tahu di mana tempat-tempat kecelakaan. Makanya ada satu rekayasa dan alat-alat yang dimungkinkan untuk kurangi kecepatan, sehingga kurang dari 100 km/jam. Ini harus diperhatikan," pungkasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved