Breaking News:

Ibadah Haji 2019

Konsul Haji dan Umrah KJRI Jeddah Ungkap Kasus-kasus Aneh Yang Kadang Dilakukan Jemaah Haji

Selain hal-hal diatas, Endang Jumali juga mengungkapkan hal paling dilarang ketika Jemaah haji melakuakn thawaf.

Media Center Haji (MCH) 2019
Konsul Haji dan Umrah KJRI Jeddah, Endang Jumali, usai menyampaikan pembekalan petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (24/4/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsul Haji dan Umrah KJRI Jeddah, Endang Jumali, mengungkap tingkah-tingkah aneh yang terkadang dilakukaan Jemaah haji Indonesia saat menunaikan rangkaian ibadah haji di Arab Saudi.

“Kami mengimbau kepada para Jemaah agar tidak melakukan hal-hal aneh selama berada di Arab Saudi misalnya, ziarah-ziarah yang tidak biasa dilakukan oleh jamaah haji. Ada juga yang tahlilan atau kunjungan ziarah yang sifatnya sensitif,” katanya saat menyampaikan materi pembekalan petugas haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (24/4/2015).

Selain hal-hal diatas, Endang Jumali juga mengungkapkan hal paling dilarang ketika Jemaah haji melakuakn thawaf.

“Sering terjadi kain kiswah ka’bah sobek digunting pada ini sangat sangat sensitif, apalagi jika dilakukan oleh petugas. Inia da sanksinya sangat bahaya,” katanya.

 Endang menjelaskan untuk pelanggaran-pelanggaran yang berat akan dikenakan sanksi yang sangat berat mulai dari dipenjara hingga dideportasi dari Arab Saudi.

Kasus-kasus seperti disebutkan di atas diakui Endang banyak terjadi “Intinya jangan pernah melakukan perbuatan yang melanggar undang-undang dan ketentuan madzhab yang dianut Arab Saudi,” katanya.

Penulis: Husein Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved