Pilpres 2019

Soetrisno Bachir Mengaku Sudah Bisa Baca Arah Politik PAN

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN) Soetrisno Bachir mengaku mulai membaca arah politik PAN setelah Pemilu Serentak 17 April 2019.

Soetrisno Bachir Mengaku Sudah Bisa Baca Arah Politik PAN
ist
Soetrisno Bachir. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN) Soetrisno Bachir mengaku mulai membaca arah politik PAN setelah Pemilu Serentak 17 April 2019.

Meski begitu, Soetrisno masih enggan mengungkapkan bahwa PAN mulai merapat ke kubu pemerintah.

Hal itu disampaikan Soetrisno Bachir menanggapi pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokow Widodo di Istana Negara pada Rabu (24/4/2019) siang.

“Walaupun saya sekarang Ketua MPP (Majelis Pertimbangan Partai) nonaktif, saya bisa membaca lah para politisi di Indonesia ini, khususnya PAN. Membacanya seperti apa, itu rahasia,” katanya saat menghadiri Dialog Ekonomi Umat di Pondok Pesantren An Nur 1 Kabupaten Malang, Sabtu (27/4/2019) malam.

PAN merupakan partai pendukung pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PAN berada satu koalisi dengan Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat dan Partai Berkarya pada Pemilu 2019.

Baca: 7500 Orang Ini Buktikan Sangat Mudah Sehatkan Tubuh dan Jiwa

Baca: Jelang Akad Nikah, Ammar Zoni Tegang dan Wajahnya Jadi Sorotan Kamera

Sedangkan, Soetrisno yang merupakan ketua MPP PAN memilih untuk berbeda sikap politik. Soetrisno tetap berada di pihak pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin hingga akhirnya non-aktif sebagai ketua MPP PAN.

Namun demikian, Soetrisno enggan berkomentar lebih jauh soal pertemuan Zulkifli Hasan dan Jokowi. Meski sudah membaca arah politik PAN pasca-pemilu, Soetrisno melihat pertemuan Zulkifli dan Jokowi di Istana Negara merupakan pertemuan antar pemimpin lembaga negara.

“Itu kan ketua MPR, Pak Jokowi itu presiden. Ketemu yan biasa saja. Pertama saya sudah tidak aktif di PAN. Saya aktifnya di KEIN (Komite Ekonomi dan Industri Nasional) membantu presiden khususnya di bidang ekonomi dan industri. Kalau politik saya hanya baca di koran,” ungkapnya.

Pertemuan Zulkifli Hasan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu (24/4/2019) siang, menimbulkan berbagai spekulasi.

Banyak pihak yang menganggap bahwa PAN mulai menjajaki koalisi dengan Jokowi-Ma’ruf Amin yang unggul dalam Pemilu 2019 versi hitung cepat. Sementara itu, sejumlah politisi PAN bahkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) membantah PAN akan meninggalkan koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mantan Ketum PAN Soetrisno Bachir...

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved