Buka Suara Soal Pemindahan Ibu Kota, Roy Suryo Soroti Utang Indonesia, Ini Faktanya

Roy Suryo soroti sumber dana pemindahan ibu kota, apa jadinya gedung pemerintah dibangun pihak swasta?

Buka Suara Soal Pemindahan Ibu Kota, Roy Suryo Soroti Utang Indonesia, Ini Faktanya
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Roy Suryo Notodiprojo atau Roy Suryo saat ditemui oleh tim tribunnews.com di kediamannya di Komplek Pegawai Bank Mandiri Tomang, Jalan S Parman, Jakarta Barat, Senin (14/1/2013) malam. (Tribun Jakarta/Jeprima)

TRIBUNNEWS.COM - Politikus Partai Demokrat buka suara mengenai wacana pemindahan ibu kota.

Wacana pemindahan ibu kota kembali mencuat saat Presiden Jokowi melakukan rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (29/4).

Sehari kemudian, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini masih terus mengkaji wilayah yang layak untuk menjadi ibu kota baru.

Saat ditanya di mana daerah yang paling potensial, Jokowi menyebut tiga pulau yang dilansir Kompas.com dalam artikel: Ditanya Lokasi Ibu Kota Baru, Jokowi Sebut Tiga Pulau Ini.

"Bisa di Sumatera tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah tapi di barat juga kurang. Di Kalimantan, kok di tengah tengah," kata Presiden Jokowi selepas meninjau pabrik di Tangerang, Selasa (30/4/2019).

Mencuatnya kembali wacana pemindahan ibu kota membuat sejumlah pihak bersuara, tak terkecuali Roy Suryo.

Mantan Menpora Era SBY itu mengatakan, wacana pemindahan ibu kota harus memperhatikan sejumlah aspek agar terhindar dari kejadian seperti Malaysia.

"Jangan sampai kejadian seperti di Malaysia terulang. Pemindahan ibu kota Malaysia saat itu dari Kuala Lumpur ke Putra Jaya sempat berhenti karena krisis. Jadi tak langsung pindah begitu saja," ucap Roy Suryo dilansir dari Dua Sisi Tv One pada Jumat (3/5).

Roy Suryo lebih lanjut mengemukakan, pemindahan ibu kota Malaysia ke Putra Jaya saat ini tepat lantaran lokasinya yang tak terlalu jauh dengan bandara Kuala Lumpur International Airport sehingga tak perlu membangun bandara baru.

Baca Selanjutnya>>>

Editor: tribunjakarta.com
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved