Ramadan 2019

Jelang Ramadan, Beras, Bawang Putih Aman

Diketahui beberapa waktu terakhir harga bawang putih di beberapa pasar mengalami lonjakan yakni Rp 60-100 ribu per kilo.

Jelang Ramadan, Beras, Bawang Putih Aman
Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian
Menteri Pertanian Amran Sulaiman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjamin stok pangan menjelang Bulan Suci Ramadhan pasti aman.

"Persiapan Ramadhan aman. Semua pangan alhamdulilah aman. Hanya saja memang kemarin yang mengkhawatirkan cuma satu, bawang putih. Tapi kemarin sudah masuk 100 ribu ton," ujar Amran usai menghadiri rapat terbatas soal persiapan menghadapi Idul Fitri di kantor presiden, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Diketahui beberapa waktu terakhir harga bawang putih di beberapa pasar mengalami lonjakan yakni Rp 60-100 ribu per kilo.

Demi mengembalikan bawang putih ke harga normal, Direktorat Jenderal Hortikultura melakukan ‎operasi pasar di lima titik di wilayah Jabodetabek dengan menjual bawang putih Rp 23 ribu per kilo.

Terlebih sudah masuk bawang putih impor sebanyak 115 ribu ton ke Pelabuhan Tanjung ‎Priok dan Tanjung Perak. Kini pemerintah menjamin persediaan bawang putih aman jelang puasa dan Lebaran.

Pasalnya, barang putih yang sudah keluar izin impor ada 115 ribu ton sementara kebutuhan per bulan hanya 42 ribu ton.

Lanjut mengenai beras, menurut Amran, pasokan berat sudah sangat aman‎. Apalahi saat Ramadhan, bertepatan dengan musim panen sehingga pasokan beras pasti aman.

"Untuk beras lebih aman lagi. Ada stok bulog 2 juta lebih. Malah sekarang lagi bingung mengeluarkannya bagaimana? Lagipula saat Ramadhan bertepatan dengan musim panen. Jadi kita aman," tegasnya.

Baca: Panggilan Pertama Mangkir, KPK Minta Menag Lukman Datang Pemeriksaan Rabu 8 Mei

Terpisah Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso juga mengamini stok beras sudah aman yakni 2 juta 100 kilo. Selain ‎beras, stok gula, hingga jagung pun melimpah.

"Gula banyak, jagung juga masih banyak. Ini kita juga punya minya, stok 2 juta koma sekian liter. Itu semua sudah mumpuni lah," tambah Budi Waseso.

Diketahui, menjelang perayaan Idul Fitri, Presiden Jokowi meminta jajaran menterinya untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok.

Baca: Seru Debat Habib Bahar Smith-Profesor Saksi Ahli: Soal Zinah hingga Hukum Islam dan Hukum Negara

Selain itu berkaitan dengan infrastruktur, Jokowi juga meminta penyiapan infrastruktur dan moda transportasi harus dalam kondisi layak digunakan kegiatan mudik serta adanya ketersediaan Bahan Bakar Minyak.

Terkait keamanan, Jokowi minta TNI dan Polri bersinergi melakukan tindakan pencacahan dan penangkalan terhadap potensi gangguan keamanan maupun ketertiban selama Ramadhan.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved