Rencana Pemindahan Ibu Kota

Langkah Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Undang Semua Gubernur Kalimantan hingga Tinjau Calon Lokasi

Langkah Jokowi pindahkan Ibu Kota dari Jakarta, diskusi dengan gubernur di semua wilayah yang berpotensi hingga tinjau calon lokasi.

Langkah Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Undang Semua Gubernur Kalimantan hingga Tinjau Calon Lokasi
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Presiden RI Joko Widodo didampingi Sejumlah Menteri, Pejabat Pemprov dan Bupati Kukar Edy Damansyah, serta Kepala Bapeda Provinsi Kaltim melihat peta Tahura Bukit Soeharto di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (7/5/2019). Kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan untuk melihat lahan yang ditawarkan Pemprov Kaltim sebagai lokasi Ibu Kota Negara yang baru. TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memulai langkah menindaklanjuti rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta.

Hal tersebut menunjukkan keseriusan Jokowi dalam mewujudkan rencana pemindahan Ibu Kota yang telah menjadi wacana sejak lama.

Beberapa langkah telah dilakukan oleh Jokowi, seperti berdiskusi dengan seluruh gubernur di beberapa wilayah yang berpotensi sebagai calon lokasi ibu kota yang baru.

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden mengebut hal-hal yang berkaitan dengan pemindahan Ibu Kota ini.

Baca: Presiden Jokowi Akan Tinjau Tiga Lokasi Calon Ibu Kota Negara di Kalimantan Tengah

Baca: Foto-foto Penampakan Calon Ibu Kota Negara di Kaltim dan Respon Jokowi

Berikut rangkuman Kompas.com:

Ratas di Istana

Langkah ngebut Jokowi dimulai dari menggelar rapat terbatas terkait pemindahan Ibu Kota di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (29/4/2019).

Dalam rapat itu, Jokowi meminta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro untuk memaparkan hasil kajian lembaganya terkait pemindahan Ibu Kota.

Dalam rapat itu Bappenas memaparkan tiga alternatif.

Pertama, Ibu Kota tetap di Jakarta tetapi daerah seputaran Istana dan Monas dibuat khusus untuk kantor-kantor pemerintahan, kementerian dan lembaga.

Halaman
1234
Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved