Catatan Formappi untuk Masa Sidang III dan IV DPR

Yang pertama yakni DPR harus tegas terhadap para wakil rakyat yang sering bolos dalam pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU)

Catatan Formappi untuk Masa Sidang III dan IV DPR
Fransiskus Adhiyuda
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Djadiono dalam diskusi 'Evalusi Pileg dan Potret Parlemen Baru' di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (25/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) memberikan sejumlah catatan terkait kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selama Masa Sidang III dan IV.

Seperti yang disampaikan Peneliti Senior Formappi Djadijono dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019) sore.

Baca: Misbakhun Ingin Pemerintah dan DPR Cekatan Siapkan Payung Hukum Pemindahan Ibu Kota

Dalam catatan yang diberikan organisasi tersebut, ada dua dari lima hal yang menjadi sorotan dan dinilai harus diperbaiki oleh parlemen.

Yang pertama yakni DPR harus tegas terhadap para wakil rakyat yang sering bolos dalam pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU).

Menurutnya, seharusnya DPR bertindak tegas dengan menggunakan hak konstitusionalnya.

Sehingga pembahasan RUU tidak berlarut-larut.

"Jika wakil pemerintah sering mangkir dalam pembahasan RUU, DPR tidak perlu segan-segan menggunakan hak konstitusionalnya," ujar Djadijono.

Hak yang bisa diajukan tersebut adalah mulai dari interpelasi hingga angket.

"Seperti hak interpelasi, angket dan menyatakn pendapat," kata Djadijono.

Baca: Politisi Demokrat Hadir dalam Acara Buka Bersama Bareng Presiden Jokowi dan Ketua DPR

Kemudian yang kedua adalah ketegasan terkait pembahasan realisasi anggaran yang dilakukan Kementerian dan Lembaga (K/L).

DPR disarankan untuk tetap merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 258 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Penghargaan dan Pengenaan Sanksi Atas Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara atau Lembaga.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved