Breaking News:

Bambang Wiyogo: Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila di Indonesia sangat penting karena ideologi Indonesia atau Pancasila dapat membangkitkan semangat untuk membangun Indonesia.

Ist/Tribunnews.com
Anggota DPR/MPR RI Bambang Wiyogo sosialisasi Pilar MPR di Jakarta Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR/MPR RI Bambang Wiyogo mengatakan bahwa Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia yang digunakan sebagai pedoman kehidupan sehari-hari yang dapat mencapai kebahagiaan jasmani dan rohani, baik di dunia ini maupun di akhirat.

“Prinsip sila pertama sampai prinsip sila kelima terhubung dan tidak dapat dipisahkan. Kita harus mempraktikkan semua prinsip,” kata Bambang saat melakukan 'Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR' di Jakarta Timur akhir pekan lalu.

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD DKI Jakarta H Taufik Azhar, warga RW 01, tokoh masyarakat, LMK, ketua RT, ibu-ibu PKK, Jumatik dan warga Kelurahan Cipinang Besar Selatan , Kecamatan Jatinegara.

Baca: Demokrasi Pancasila Perlu Keteladanan

Menurut Bambang, Pancasila di Indonesia sangat penting karena ideologi Indonesia atau Pancasila dapat membangkitkan semangat untuk membangun Indonesia menjadi negara yang lebih baik daripada negara lain, memberikan bimbingan tentang dunia dan isinya dan membangun semangat untuk berjuang.

“Kepribadian Indonesia adalah keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia, yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa Iainnya. Keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia adalah pencerminan dari garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia sepanjang masa,” katanya.

Lebih lanjut, disampaikannya bahwa garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia ditentukan oleh kehidupan budi bangsa Indonesia yang dipengaruhi oleh tempat, Iingkungan, dan suasana waktu sepanjang masa.

Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved