‎Aqua Dwipayana Bagikan Cara Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Kepada Ratusan Pegawai Imigrasi

Aqua Dwipayana membagikan lima cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kepada ratusan pegawai Direktorat Jenderal Imigrasi

‎Aqua Dwipayana Bagikan Cara Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Kepada Ratusan Pegawai Imigrasi
Tribunnews.com/ Gita Irawan
Konsultan komunikasi dan motivator Aqua Dwipayana saat sesi tanya jawab dengan para pegawai Ditjen Imigrasi Kemenkumham di kantor Ditjen Imigrasi Kemenkumham pada Selasa (28/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Konsultan komunikasi dan motivator Aqua Dwipayana membagikan lima cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi kepada ratusan pegawai Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM pada Selasa (28/5/2019).

Di hadapan para pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, pengawas, sampai kepada tingkat pelaksana, Aqua menyebut ada lima kunci utama dalam meningkatkan kemampuan komunikasi yang diakronimkan menjadi REACH.

Menurut Aqua, lima sikap tersebut bisa digunakan untuk mengajak orang melaksanakan apa yang kita inginkan apabila didasari dengan hati yang tulus dan melihat manusia dengan setara.

Baca: Anggaran yang Dialokasikan Milenial untuk Beli Rumah Masih Rendah

Kunci pertama adalah sikap Respect atau menghargai.

Hal itu disampaikannya dalam acara "The Power of Silaturahim untuk Meningkatkan Kinerja" di Gedung Direktorat Jenderal Imigrasi lantai 12, Kuningan Jakarta Selatan pada Selasa (28/5/2019).

"Di mana pun kita berada, jangan pernah anggap remeh siapa pun. Sebagai contoh. Saya sendiri paling respect sama sopir saya. Kenapa? Karena ketika saya di mobil dan mobil itu dijalankannya keselamatan saya ada di tangan dia," kata Aqua.

Baca: Polisi Sayangkan Unggahan Dokter Dodi Suardi di Facebook

Kunci kedua adalah sikap Empati.

"Contohnya di lapas Padang saya bicara di depan sekira 800 orang. Saya selalu mengatakan kepada para narapidana saudara kita di rutan dan lapas kalau mereka adalah saudara saya yang tersesat dan berbuat khilaf," kata Aqua.

Kunci ketiga adalah Audible atau dapat menyesuaikan.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved