Mudik Lebaran 2019

PMI Buka Posko di 591 Titik Sepanjang Pantura

Palang Merah Indonesia (PMI) selama periode Siaga Lebaran 2019 membuka 591 titik posko pertolongan pertama (PP) di sepanjang jalan Pantura.

PMI Buka Posko di 591 Titik Sepanjang Pantura
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Barat, Adang Rochjana (tengah) didampingi Sekretaris PMI Jabar, Ruhanda (kiri) dan Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Jabar, Tjatja Kuswara menyaksikan demo pertolongan pertama yang dilakukan anggota PMI di dalam mobil ambulans seusai Apel Kesiapsiagaan Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans PMI Provinsi Jawa Barat dalam Rangka Arus Mudik dan Balik Lebaran 1440 H/2019 di Markas Komando (Mako) PMI Jawa Barat, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Minggu (27/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) selama periode Siaga Lebaran 2019 membuka 591 titik posko pertolongan pertama (PP) di sepanjang Pantura.

Dengan jumlah ratusan posko tersebut, Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, menuturkan, PMI mengerahkan 10.587 personil termasuk dokter dan paramedis dan 393 unit ambulans dimulai dari H-7 dan H+7.

“Tim Pos PP PMI akan bertugas memberikan pelayanan di berbagai tempat keramaian di sepanjang pantura, terminal bis, stasiun kereta, pelabuhan laut, pusat rekreasi atau kawasan wisata, yang banyak dikunjungi oleh masyarakat saat Hari Raya Idul Fitri,” jelas Ginandjar, dalam apel siaga lebaran 2019 di halaman Markas Pusat PMI, Jalan Jenderal Gatot Subroto, pada Rabu (29/5/2019).

Kesiapan korps PMI tersebut juga dalam rangka membantu kelancaran arus mudik lebaran tahun 2019.

Baca: China Diprediksi Sudah Siapkan Senjata Ini Untuk Memukul Balik Amerika Serikat

Selain Pos PP dan Ambulans, PMI juga menyiagakan klinik serta Unit Transfusi Darah (UTD) yang ada di kabupaten/kota untuk mendukung arus mudik dan balik pada Lebaran 1440 H.

Baca: Kemenhub: Harga Tiket Pesawat Lebaran 2019 Lebih Murah dari Lebaran Tahun Lalu

Masyarakat umum dapat pula men-download aplikasi pertolongan pertama (First Aid) PMI yang diunduh secara gratis di Playstore dengan link berikut :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cube.gdpc.fa ataupun di IOS dengan link berikut https://itunes.apple.com/id/app/first-aid-ifrc/id1312876691?mt=8.

Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengenali serta untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan selama mudik, seperti kaki terkilir, tergigit serangga, demam, diare, tekanan darah tinggi serta pencegahan cidera dan luka, keluhan penyakit menular maupun penyakit tidak menular lainnya.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved