Hari Lahir Pancasila

BKN Ultimatum PNS di Lingkungannya Agar Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Besok

BKN mengeluarkan ultimatum atau peringatan kepada pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan BKN agar tetap mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila.

BKN Ultimatum PNS di Lingkungannya Agar Mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Besok
Rina Ayu/Tribunnews.com
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan ultimatum atau peringatan kepada pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan BKN agar tetap mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2019) besok.

Menurut Kepala Biro Humas BKN, Mohammaf Ridwan akan ada sanksi bagi PNS di lingkungan BKN yang mangkir dari upacara tanggal 1 Juni besok.

“PNS yang mangkir padahal tidak berstatus cuti akan dipotong tunjangan kinerja sebanyak 2 persen, dan itu belum termasuk bila atasan memberi teguran secara lisan atau tertulis sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 mengenai Disiplin PNS. Dalam Pasal 13 butir ke-17 dalam aturan itu atasan dapat memberikan langsung hukuman disiplin bagi pegawai yang bersangkutan,” ujar Ridwan di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Baca: Fokus Temani Ani Yudhoyono, SBY Belum Bisa Terima Tamu di Singapura

Aturan itu menurut Ridwan tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor 01 Tahun 2019 tentang pelaksanaan Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2019 di lingkungan BKN.

Aturan itu juga diperkuat dengan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila dan surat Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019.

Tak hanya berlaku bagi PNS BKN yang sedang tidak mengambil cuti, PNS di lingkungan BKN yang sedang mengambil cuti pun diwajibkan untuk tetap mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Baca: Tangis Bahagia Yuli Saat Mimpinya Bertemu Jokowi Jadi Kenyataan Ketika Hendak Mudik ke Solo

“Bagi PNS yang sedang menjalani cuti bisa mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Pusat BKN, Kantor Regional I-XIV BKN, dan Kantor Pemerintah Daerah di mana PNS saat itu berada,” tegas Ridwan.

Ridwan mengingatkan bahwa PNS yang sedang menjalani cuti bisa memberikan bukti telah mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan mengirimkan bukti foto kepada kepala unit di lingkungan masing-masing.

“Kepala unit bertanggung jawab atas keikutsertaan anggotanya dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved