Lebaran 2019

Tradisi Lebaran Sri Mulyani: Jahit Baju Kembaran, Nyekar hingga Santap Opor

Sri mengenang masa kecilnya di kala hati raya, mulai dari menjahit baju hingga mudik ke kampung halaman

Tradisi Lebaran Sri Mulyani: Jahit Baju Kembaran, Nyekar hingga Santap Opor
ISTIMEWA
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini, Rabu (5/6/2019) seluruh umat muslim dunia merayakan hari raya Idul Fitri 1440 H.

Momen hangat bersama keluarga di hari spesial ini tentu dirindukan banyak orang, termasuk Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati.

Kerinduan akan momen selama lebaran ini dituangkan Sri Mulyani melalui postingan di akun Instagram.

Ani, begitu sapaan akrabnya, menceritakan tradisi yang dilakukannya saat lebaran.

Dia mengenang masa kecilnya di kala hati raya, mulai dari menjahit baju hingga mudik ke kampung halaman.

"Di masa kecil saya - sebelum Lebaran banyak persiapan dilakukan di keluarga. Menjahit baju baru (kembar) untuk kami anak-anak perempuan. Menyiapkan bekal perjalanan keberangkatan ke rumah Embah Putri (Eyang putri) - tidak banyak rumah makan dan restaurant seperti sekarang," tulis Sri Mulyani dikutip dari akun @smindrawati, Rabu (5/6/2019).

Baca: Lebaran: Kiat mensiasati hidangan hari raya bagi pasien diabetes

"Perjalanan pulang mudik - melalui sawah-sawah yang menghijau mendekati panen, juga melewati pasar tumpah di setiap kota yang kita lalui. Tidak ada ketergesaan, semua saling membagi ruang, membagi waktu, membagi rejeki - semua rukun dan ramah," tambahnya.

Ani mengatakan, perayaan lebaran dipenuhi suasana hangat dan gembira. Dia menggambarkan orang di sekitarnya saling bersalama sembari bermaaf-maafan.

"Semua manusia saling bersalaman dan saling mengucapkan “maaf lahir batin” - untuk memulai lagi lembaran hubungan antar manusia yang baru, bebas dari saling syak wasangka dan dendam," ujar Sri Mulyani.

"Kita saling memaafkan secara ikhlas, kita membangun kembali tali silaturahmi secara tulus dan murni yang bebas dari bungkus kepura-puraan penampilan," imbuh dia.

Baca: Kenangan Mesra Ani Yudhoyono dan Suami, Sri Mulyani Terkesan Tatapan Ibu Ani Saat SBY Main Gitar

Ani juga menceritakan momen Lebaran sebagai kesempatan untuk melakukan tradisi sungkeman. Momen itu pun dikenang Ani sebagai suasana yang damai. Sebab, kedua orang tua turut membisikkan doa dan cintanya.

Wanita kelahiran Bandar Lampung itu juga mengungkapkan momen spesial bersama keluarga, seperti nyekar ke makam leluhur, hingga menikmati menu hidangan khas lebaran termasuk ketupat, opor, samba goreng ati dan lainnya.

"Lebaran adalah pesta ketupat, opor, sambel goreng ati, ditabur bubuk kedelai. Di sela soto ayam, serundeng dan lemper buatan embah putri yang begitu lezat," kata ibu dari tiga anak itu.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved