Breaking News:

Mudik Lebaran 2019

Cek Terminal Kampung Rambutan, Menhub Ajak Sopir dan Kondektur Makan Nasi Padang

Budi sempat mengajak para sopir dan kondektur bus untuk makan siang bersama di warung makan nasi padang di area terminal.

Ria Anatasia/Tribunnews.com
Budi sempat mengajak para sopir dan kondektur bus untuk makan siang bersama di warung makan nasi padang di area terminal. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pelayanan serta keberangkatan pemudik di terminal Kampung Rambutan, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019).

Budi tiba di lokasi sekira pukul 12.00 WIB. Ia ditemani Kepala BPTJ Bambang Prihartono, beserta pejabat terkait lainnya.

Di sela kunjungan itu, Budi sempat mengajak para sopir dan kondektur bus untuk makan siang bersama di warung makan nasi padang di area terminal.

Sambil menyantap makan siang, mereka berbincang soal pengalaman kerja di hari raya hingga kenaikan penghasilan pengemudi selama lebaran.

"Secara umum saya senang, memang hari lebaran ini bagi pengemudi, saya sebut pahlawan transportasi. Kenapa, di tengah kita senang-senang mereka mengemudi. Kalau mereka tidak bekerja pasti kita punya problem besar," ujar Budi.

Baca: Guru Besar UI: Pemerintah Perlu Ekstra Hati-hati Buka Jalur Domestik Kepada Maskapai Asing

"Alhamdulillah menurut mereka penghasilan lumayan. Dia dapat kira-kira Rp. 200-250 ribu (dalam sehari), jadi mereka dapat di atas UMR," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Budi, beberapa sopir mengeluhkan soal kemacetan di sejumlah titik.

"Di saat hari pertama kedua, lalu lintas agak sedikit macet, tapi mereka paham karena lalu lintas dari Jakarta-Bandung, Bandung-Jakarta tujuannya tidak beraturan," jelasnya.

Untuk itu, Budi mengimbau kepada para operator atau perusahaan otobus (OP) dan petugas di terminal tidak memperkerjakan para pengemudi terlalu keras.

"Yang di posko polisi, dishub maupun yang ada di sini jangan greng greng ya, jangan terlalu keras. Ajak mereka dialog ya. Karena pada dasarnya mereka menjalani tugas yang berat juga. Saya ke sini khususnya beri semangat juga bekerja di tengah kita sedang liburan," pungkasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved