Mudik Lebaran 2019

Arus Balik Lebaran, Rest Area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Buka Tutup

Polisi menyatakan akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area

Arus Balik Lebaran, Rest Area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Buka Tutup
IST
Trafik lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, di hari ketiga Idul Fitri 1440 Hijriah, Jumat (7/6/2019) 

Jasa Marga Akan Lakukan Buka Tutup Rest Area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta, Secara Situasional, Disesuaikan Kondisi Lalu Lintas

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rest area di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek arah ke Jakarta akan diberlakukan sistem buka tutup untuk pengguna jalan tol selama periode arus balik Idul Fitri 1440 Hijriah kali ini.

Irra Susiyanti, Corporate Communications Department Head Jasa Marga dalam keterangan persnya siang ini, Sabtu (8/6/2019) menyebutkan, pemberlakukan sistem buka tutup titik rest area di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek arah ke Jakarta dilakukan berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

"Rekayasa buka tutup rest area secara situasional jika terjadi kepadatan di rest area," kata Irra Susiyanti.

Dia mengatakan, rekayasa buka tutup rest area ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi dan Evaluasi Arus Balik hari pertama, antara PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Korlantas RI, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Kepala Biro Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, yang berlangsung pagi ini di Posko Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama.

Kakorlantas Polri Refdi Andri selaku pimpinan rapat mengungkapkan bahwa Kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Baca: Pemberlakuan Sistem One Way di Periode Aarus Balik Tergantung Kepadatan Kendaraan

Polisi menyatakan akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur.

“Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional,” kata Refdi.

Meski rekayasa buka tutup rest area dilakukan secara situasional, Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur tetap mengimbau pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat rekayasa one way berlangsung,

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” jelas Subakti.

"Kami mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan dan bersikap bijak dalam menghabiskan waktu di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya," ujarnya.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved