Arus Balik Mudik Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya Prediksi Puncak Arus Balik Mudik Lebaran Terjadi Malam ini

Perkiraan Budi, puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (9/6/2019) besok. Namun, setelah melihat kondisi di lapangan, kondisinya bisa berubah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Prediksi Puncak Arus Balik Mudik Lebaran Terjadi Malam ini
TRIBUNNEWS.COM/IST
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi bersama anggota Watimpres dan DPR RI Komisi V kunjungi Posko Terpadu Angkutan Lebaran dalam menangani Mudik Lebaran 2019, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. TRIBUNNEWS.COM/IST 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus balik mudik Lebaran 2019 akan terjadi pada hari ini Sabtu (8/6/2019) malam.

Hal itu disampaikan Budi Karya Sumadi usai melihat langsung kondisi Tol Semarang-Solo yang mulai padat dari KM 453 Urangan hingga gerbang Tol Banyumanik, Semarang.

"Hari ini keliatan puncak mudik balik yang memang semula kami antisipasi besok. Jadi hari ini, tadi Pak Dirlantas (red- Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksawan) sudah mengambil keputusan untuk melakukan kegiatan oneway," kata Budi di gerbang tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019).

Baca: Aurel Hermansyah Ingin Beli Mobil dari Hasil Pemasukan Akun Youtube

Baca: Berita Foto: Presiden Jokowi dan Keluarganya Belanja Batik di Pasar Beringharjo

Baca: Irfan Bachdim Dapat Arahan Khusus dari Pelatih Timnas Indonesia

Perkiraan Budi, puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (9/6/2019) besok.

Namun, setelah melihat kondisi di lapangan, perkiraan itu bisa tak terduga akibat tingginya arus kendaraan saat arus balik.

"Ini satu dinamika bahwa pergerakan mobil pemudik ini pada saat mudik dan arus balik kadang-kadang tidak terekam dengan kita belum bisa membaca apakah hari ini atau besok," ucap Budi.

"Ini ada satu pergerakan biasanya memang beberapa saat kita harus melakukan adjustment," jelas Budi.

Sementara, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksawan mengatakan, untuk arus lalu lintas dari arah Solo menuju Jakarta sudah mulai nampak kepadatan di tol Semarang-Solo.

Untuk itu, pihaknya memberlakukan contraflow di KM 433 Unggaran hingga pintu gerbang tol Banyumanik, Semarang.

"kita berlakukan contraflow, kita liat mulai dari Ungaran sampai Banyumanik sehingga bisa mempercepat arus dari Solo kita dorong sampai Banyumanik, nanti dari Banyumanik ke Kalikangkung, Kalikangkung sampai Jakarta itu oneway," jelas Rudi.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved