Breaking News:

Pilpres 2019

MK Siapkan Pengawalan Melekat untuk Sembilan Hakim yang Tangani Sengketa Pilpres 2019

Para pengawal tersebut ditugaskan untuk menjamin keamanan sejak para hakim berada di kediaman, dalam perjalanan dari rumah ke kantor

Penulis: Gita Irawan
Gita Irawan/Tribunnews.com
Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi M Guntur Hamzah saat Halal Bi Halal Keluarga Besar Mahkamah Konstitusi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat pada Senin (10/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi M Guntur Hamzah mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengawalan melekat pada sembilan hakim yang akan menangani gugatan Pilpres 2019.

Para pengawal tersebut ditugaskan untuk menjamin keamanan sejak para hakim berada di kediaman, dalam perjalanan dari rumah ke kantor, bahkan sampai ke kampung halaman para hakim jika para hakim ingin mengunjungi kampung halamannya.

Hal itu disampaikan Guntur saat Halal Bi Halal Keluarga Besar Mahkamah Konstitusi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat pada Senin (10/6/2019).

"Kami mulai dari pengamanan Yang Mulia Bapak Ibu Hakim, pengawalan dari rumah ke kantor, di kediaman, bahkan di daerah kami sudah tempatkan patroli untuk mengamankan para Yang Mulia Bapak Ibu Hakim," kata Guntur.

Guntur menjelaskan setiap hakim akan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian sebanyak empat sampai lima orang.

Baca: Jelang Sidang Sengketa Pilpres 2019, Ketua Mahkamah Konstitusi Tegaskan Independensinya

"Pengamanan untuk satu hakim, empat sampai lima orang, terdiri dari satu ADC (aide-de-camp), satu patwal, satu kediaman di rumah dinas, satu kediaman rumah asli," kata Guntur.

Guntur mengatakan pengawalan tersebut telah aktif sejak Senin, 20 Mei 2019 dan akan selesai pada Jumat, 9 Agustus 2019.

"Sejak 20 Mei 2019 sampai 9 Agustus 2019," kata Guntur.

Diberitakan sebelumnya, sembilan Hakim Mahkamah Konstitusi yang akan menangani gugatan Pilpres 2019 antara lain Dr Anwar Usman SH MH, Prof Dr Aswanto SH M Si DFM, Dr Wahibudddin Adams SH MA, Prof Dr Arief Hidayat SH MS, I Dewa Gede Palaguna, Dr Manahan MP Sitompul SH M Hum, Dr Suhartoyo SH MH, Prof Dr Saldi Isra SH, dan Prof Dr Enny Nurbaningsih SH M Hum.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved