Mudik Lebaran 2019

Banyak yang Ikut Mudik Gratis, Angka Kecelakaan Lalu Lintas Turun Hingga 65 Persen

Pernyataan itu disampaikan dalam update terkini informasi terkait Arus Balik Lebaran 2019 di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu.

Banyak yang Ikut Mudik Gratis, Angka Kecelakaan Lalu Lintas Turun Hingga 65 Persen
IST
Pelepasan peserta mudik bersama bertajuk 'Mudik Bareng Seru & Baru (Menuju Kemenangan)' yang diselenggarakan PT Federal Karyatama dari Lapangan Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2019) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Popik Montanasyah mengatakan terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas pada masa mudik Lebaran kali ini.

Ia menyebut penurunan tersebut cukup signifikan yakni mencapai angka 65 persen.

Pernyataan itu disampaikan dalam update terkini informasi terkait Arus Balik Lebaran 2019 di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu.

Menurutnya, faktor yang memicu turunnya persentase kecelakaan saat mudik itu adalah banyak diantara para pemudik yang memutuskan untuk tidak menggunakan sepeda motor dalam momen mudik Lebaran 2019.

Baca: Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Hari Ini, Rabu 12 Juni 2019 : Samarinda dan Mamuju Hujan Seharian

Baca: Dewi Perssik Sudah Berfirasat Sebulan Sebelum Ayah Meninggal, Ini Alasan Tetap Membawanya ke Jakarta

Baca: Gabung Real Madrid, Gaji Eden Hazard Naik tapi Masih Kalah dari Sergio Ramos

"Penurunan angka kecelakaan mencapai 65 persen, saya kira ini ada hubungannya juga dengan jumlah pemudik dengan sepeda motor yang mengalami penurunan," ujar Popik, di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (11/6/2019).

Popik juga menyebutkan faktor lainnya, kesiapan angkutan Lebaran yang disediakan untuk kegiatan mudik gratis, membuat banyak pemudik beralih.

Mereka yang biasanya menggunakan motor untuk mudik ke kampung halaman, kini memilih mengikuti kegiatan mudik gratis yang diadakan berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta.

"Di samping itu, banyak juga yang mengikuti kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah dan juga pihak swasta," kata Popik.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved